0

 

cara menyikapi privilege


Apa sih yang dimaksud dengan privilege hingga kata ini dinilai identik dengan konotasi negatif dan jadi buah bibir masyarakat?

Berdasarkan terjemahannya, privilege adalah hak atau manfaat khusus yang diberikan kepada seseorang atau kelompok tertentu untuk dapat melakukan atau pun meraih hal-hal yang orang biasa tidak bisa melakukan/meraihnya.

Nah, akhir-akhir istilah privilege kerap dilontarkan oleh banyak orang. Seperti apa sih gambaran tentang privilege atau hak Istimewa ini?

Saat ada seseorang yang bisa masuk ke sebuah Perusahaan besar karena bantuan orang dalam, maka orang itu dianggap punya privilege.

Contoh lainnya, saat seseorang dengan begitu mudah terbebas dari kasus hukum, lantaran ada anggota keluarganya yang punya jabatan tinggi, makai a pun dianggap punya privilege.

Sisi Negatif Privilege

Privilege punya peran penting dalam menentukan posisi dan akses seseorang di berbagai hal. Hal inilah yang kemudian kerap dimanfaatkan oleh sebagian pemilik privilege untuk mencapai tujuan-tujuannya dengan mudah.


sisi negatif privilege


Tak jarang hak istimewa yang dimiliki itu merugikan pihak lain yang sehausnya lebih berhak. Namun, karena ia tidak punya privilege, maka dengan mudah digantikan atau tidak mendapatkan haknya.

Misalnya, saat melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan, ternyata salah satu kandidat masih punya hubungan keluarga dengan pemilik Perusahaan. Sehingga, pelamar yang masih punya hubungan kekerabatan ini bisa dengan mudahnya menyingkirkan pelamar lain yang nilainya lebih baik saat tes perekrutan.

Kondisi inilah yang menciptakan munculnya konotasi negatif terkait privilege di mata masyarakat.

Sisi Positif Privilege

Pada dasarnya, privilege tidak hanya dimiliki oleh individu atau golongan tertentu saja. Akan tetapi, privilege ini dimiliki oleh setiap orang. Namun, bentuk dan posisinya saja yang tidak sama.

Lantas, bagaimana caranya agar privilege yang dimiliki memberi dampak positif?

Saat kita punya privilege, manfaatkanlah hak Istimewa ini menyelesaikan atau menghadapi berbagai masalah yang orang lain kesulitan menemukan titik terangnya.

Misalnya, maju untuk melakukan diskusi atau menjembatani suatu masalah agar didapatkan penyelesaian yang lebih baik dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Cara Menyikapi Privilege

Mengutip kanal YouTube Sherly Annavita Rahmi, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi hak Istimewa yang dimiliki:


cara menyikapi privilege


Penerimaan

Sebab utama seseorang kesulitan menemukan hak istimewa di dalam dirinya bisa dikarenakan oleh belum menerima dirinya sendiri serta sulit memaafkan hal yang pernah terjadi di masa lalu, yang telah membuat dendam di dalam diri, di mana sewaktu-waktu dapat kembali muncul.

Kondisi itu akan membuat tujuan yang sudah direncanakan akan terasa sangat berat dicapai. Maka, mulailah menerima dan memaafkan segala sesuatu yang ada di luar kendalimu.

Evaluasi diri

Setiap orang pasti memiliki keistimewaannya masing-masing, meski hal itu adalah sesuatu yang sederhana.

Misalnya, punya orang tua yang selalu mendukung cita-citamu dan apapun hal positif yang dilakukan. Mengapa hal ini Istimewa? Karena di luar sana ada banyak orang yang tidak bisa menentukan pilihan hidupnya.

Buat standar sendiri

Mulailah fokus pada diri dan keistimewaan yang dimiliki. Jangan melihat pada keistimewaan yang dimiliki orang lain, karena pada akhirnya hal itu akan membuat kita membandingkan diri dan merasa insecure.

Mendengar dan belajar

Cobalah dengarkan apa kata mereka yang menuutmu sangat Istimewa itu. Karena bisa jadi kesuksesan yang mereka miliki adalah berkat kerja keras bukan hanya soal memiliki segudang keistimewaan.

Ciptakan privilege diri sendiri

Setiap orang itu Istimewa dan pasti punya keistimewaan masing-masing. Selain itu, hak istimewa juga bisa kita ciptakan sendiri.

Bahkan, mereka yanh dari lahir telah punya privilege pun tetap harus berjuang agar bisa tetap menjaga dan mempertahankannya.

Gunakan privilege secara bijak

Keistimewaan adalah bukan sekadar anugerah yang diberikan begitu saja pada diri seseorang. Tetapi, di balik setiap keistimewaan, ada sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan secara bijak, sehingga keistimewaan yang dimilki bisa juga memberi dampak baik bagi orang di sekitar kita.

Misalnya, kita diberi keistimewaan dengan kelimpahan harta, maka manfaatkan anugerah itu untuk membantu sesame yang kekurangan.

Selanjutnya, jika kita dibei keistimewaan beupa kecerdasan otak, maka manfaatkan hal itu untuk bisa memberi perubahan dan kebermanfaatkan bagi orang banyak.

Jika nantinya kita telah menyelesaikan jenjang pendidikan dan siap terjun ke masyarakat, maka jadikanlah diri dan kehadiran kita sesuatu yang bisa memberi manfaat.

Semoga kitab isa menjadi pribadi yang senantiasa menghargai setiap keistimewaan yang telah dianugerahkan pada kita dan bisa menyikapinya secara lebih bijak agar memberi banyak manfaat pada diri, keluarga, lingkungan sekitar, dan tanah air ini.

Posting Komentar

 
Top