0

 

Cara kembangkan pencapaian kecil jadi besar


Setiap kita pasti punya impian yang ingin diwujudkan. Untuk mencapainya, tentu diperlukan usaha maksimal serta diiringi dengan doa yang tak putus.

Sayangnya, tak jarang apa yang kita harapkan kerap di luar ekspektasi, tidak sesuai dengan apa yang diimpikan. Alhasil, bisa saja rasa kecewa menyelimuti diri karena merasa semua usaha dan doa jadi sia-sia.

Adalah hal yang wajar jika kita merasa kecewa jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan target atau pun harapan.

Namun, jangan biarkan hal itu mematikan semangat. Tetaplah yakin bahwa apapun yang terjadi, apapun hasil dari setiap usaha dan doa, pasti mengandung sebuah hikmah yang besar jika kita mampu menyikapinya dengan lebih bijaksana.

Cobalah bangun pemikiran yang lebih optimis, bahwa sebuah hasil, meski sedikit atau pun kecil, adalah tanda dari sebuah kemajuan dari apa yang kita usahakan.

Ingat, sesuatu yang besar itu diawali dengan hal-hal yang kecil. Jika yang kecil ini terus dikembangkan, maka bukan tidak mungkin kelak ia akan tumbuh menjadi sesuatu yang besar hingga luar biasa.

Terkait hal ini, berikut ada 5 cara sederhana dalam mengembangkan sebuah kemajuan kecil agar bisa menjadi sesuatu yang besar.

5 Cara Kembangkan Pencapaian Kecil Jadi Sesuatu yang Besar

1. Bersyukur dan Berprasangka Baik

Rasa Syukur atas apapun yang kita peroleh akan menambah nikmat yang Allah SWT berikan. Untuk itu, tetaplah berprasangka baik untuk setiap kejadian atau takdir yang kita jalani.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah menerima segala sesuatu. Ingatlah, Allah itu sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

2. Bertanggung Jawab

Saat kita menginginkan sesuatu, maka kita harus bertanggung jawab untuk mewujudkannya. Jika ternyata hasil yang didapat belum maksimal, maka teruslah berusaha hingga kita mampu mewujudkannya.

Buatlah target untuk setiap pencapaian yang telah Anda raih. Jadikan pencapaian yang kecil sebagai pembakar semangat untuk tetap berusaha agar target utama itu bisa tercapai nantinya. Selanjutnya, lakukan evaluasi untuk setiap progres yang telah dicapai.

3. Berhenti Khawatir atas opini Orang Lain

Terkadang yang membuat kita gagal mewujudkan mimpi adalah bukan karena kita tak mampu mewujudkannya. Tetapi karena terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain.

Perlu kita pahami bahwa tidak semua orang menyukai kita. Bahkan, mungkin ada beberapa yang akan berusaha menjatuhkan kita melalui opini-opininya.

Untuk itu, filterlah setiap komentar yang kita terima dan jadikan bahan evaluasi atas setiap kritik ataupun nasihat.

Kita memang harus teliti dan bisa membedakan mana masukan dan mana yang merupakan perkataan orang tak suka dengan segala pencapaian yang telah kita dapatkan.

4. Lanjutkan Ikhtiar dengan Maksimal

Selanjutnya, agar sesuatu yang kecil atau sebuah pencapaian kecil bisa memberi dampak besar bagi kita, maka jangan pernah berhenti. Terus lanjutkan apa yang telah menjadi target. Jangan puas dengan hasil yang telah didapat, karena bisa jadi hal itu adalah titik awal dari keberhasilan yang lebih besar lagi.

5. Lakukan Evaluasi

Sebuah evaluasi sangat diperlukan untuk mencari letak lebih atau pun kurangnya suatu pencapaian yang telah diraih.

Jika dirasa apa yang telah diraih masih perlu usaha untuk menjadikannya jauh lebih baik lagi, maka jangan biarkan rencana yang telah dibangun terbengkalai. Segera bertindak, karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

Itulah 5 tips mengembangkan sebuah pencapaian kecil hingga bisa menjadikannya sesuatu yang besar.

Posting Komentar

 
Top