0

 



Siapa sih yang tak kenal dengan Nama Gibran Rakabuming Raka, seorang anak muda sukses yang merupakan putra sulung dari Presiden Jokowi.

Nama putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka makin banyak dibicarakan public usai dirinya maju dalam Pemilihan Presden (Pilpres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Februari mendatang.

Gibran Rakabuming Raka, sang putra sulung dari Presiden Jokowi ini maju dalam pemilihan Capres dan Cawapres 2024 mendampingi Prabowo Subianto.

Pada Pilpres 2024 ini, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah kandidat pasangan calon (paslon) dengan nomor urut 2.

Lantas, siapakah sosok Gibran dan seperti apa rekam jejak putra sulung dari orang nomor satu di Indonesia ini?

4 Fakta Menarik dan Rekam Jejak Gibran Rakabuming Raka

1. Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka adalah kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1987. Pada saat memasuki usaia Sekolah Menengah Pertama (SMP), Gibran pindah ke Singapura dan melanjutkan studinya yang setingkat sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Pada 2007, Gibran pun lulus dari Management Development Institute of Singapore dan kemudian melanjutkan ke program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia dan lulus 2010.

2. Menikahi Putri Solo, Selvi Ananda

Kehidupan pribadi Gibran terbilang sangat privasi, karena ia dan sang istri jarang umbar  kemesraan secara intens ke publik.




Sang istri yang bernama Selvi Ananda adalah mantan Duta Pariwisata Solo atau 'Putri Solo'. Gibran bertemu Selvi Ananda saat sang istri mengikuti ajak Putra-Putri Solo untuk yang kedua kalinya pada 2009, di mana saat itu Gibran menjadi juri dalam pemilihan tersebut.

Gibran dan Selvi pun makin dekat saat sang istri ditugaskan menjadi Duta Pariwisata Kota Solo di Singapura.

Selanjutnya, Gibran dan Selvi menikah pada 11 Juni 2015 dan saat ini telah karunia dua orang anak, yakni Jan Ethes Srinarendra yang lahir pada 10 Maret 2016 dan La Lembah Manah yang lahir pada 15 November 2019.

3. Sukses Jadi Pengusaha

Sebelum aktif di dunia politik, Gibran lebih dikenal sebagai pengusaha kuliner yang cukup sukses.

Gibran memiliki usaha katering yang diberi nama Chili Pari. Bisnisnya ini mulai dikenal orang dan terus berkembang pada 2011.

Chilli Pari bukan hanya usaha katering, tetapi juga melayani wedding organizer, yang menyediakan jasa berbagai kebutuhan pesta, seperti gedung, dekorasi, rias pengantin, suvenir, undangan, hiburan, MC dan lainnya.

Untuk menambah kemampuan karyawannya dalam berbahasa Inggris, Gibran pun mendirikan House of Knowledge.

Selanjutnya ia pun sukses mendirikan usaha kuliner martabak yang diberi nama Markobar alias Martabak Kota Barat yang dirintis pada 2015 dan tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Pada Oktober 2015, Gibran membuka resto makanan Italia yang diberi nama Pasta Buntel. Gibran juga membuka usaha kedai kopi CS Coffee Shop yang telah memilki gerai di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Pada 2016 Gibran membuka Icolor, yaitu usaha reparasi produk elektronik Apple yang saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Tak hanya itu, juga membuat jas hujan bermerek “Tugas Negara Bos” yang dijual online di berbagai aplikasi e-commerce.

Selain itu, rupanya putra Presiden Jokowi ini pernah membuat aplikasi pencari kerja yang diberi nama Kerjaholic bersama dengan Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, dan Daniel Hidayat pada 2018.

Selanjutnya, bersama adiknya, Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Julius, Gibran membuka restoran yang diberi nama Mangkokku.

Selain sukses bisnis kuliner dan lainnya, Gibran juga mempunyai usaha pertambangan di bawah bendera PT Rakabu Sejahtera. Ia pernah tercatat sebagai pemegang saham dan komisaris di perusahaan tersebut.

Gibran telah menjadi seorang entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner, hingga ia dipercaya menjabat Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

4. Kandidat Termuda dalam Pilpres 2024

Gibran menoreh sejarah baru dalam Pemilu Indonesia, lantaran dia maju mendampingi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024, di usianya yang masih sangat muda.

Gibran diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai Cawapres Prabowo Subianto pada 22 Oktober 2023 usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan soal batas usia minimal Capres-Cawapres yang jadi 40 tahun (saat Gibran berusia 36 tahun).

Sebagai informasi, awalnya Gibran yang lebih dikenal sebagai pengusaha ini tidak tertarik untuk mengikuti jejak sang ayah terjun ke dunia politik.

Gibranb mengaku bahwa ia lebih suka berkecimpung di dunia usaha. Ia  menilai bahwa seorang pengusaha itu dapat memberikan kontribusi ke masyarakat, tanpa harus terjun ke politik. Namun seiring berjalannya waktu, pandangan Gibran terhadap dunia politik berubah.

Menurut Gibran, melalui politik ia merasa dapat berbuat lebih banyak dan lebih bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Itulah 4 fakta menarik dan rekam jejak Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Jokowi.

Posting Komentar

 
Top