2

Tantangan one day one post (ODOP) kali ini adalah menulis kegiatan sehari-hari. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan rutinitas harian saya. Karena hampir setiap hari saya melakukan aktifitas yang sama, kecuali saat akhir pekan. Jadi bisa di bilang selama weekdays saya melakukan kegiatan yang monoton. Saya termasuk orang yang bisa mengkondisikan waktu. Jadi saya selalu menetapkan durasi waktu untuk melakukan aktifitas saya. Kapan harus mulai dan kapan harus selesai. Alhamdulillah saya telah terdisiplinkan karenanya. Kecuali jika ada hal-hal yang membuat saya terpaksa menundanya. 

"Hello, wake up or I'll kill you". Ringtone alarm saya berbunyi keras pukul 03:30 dini hari. Dialah yang selalu setia membangunkan saya untuk mulai mengisi hari dengan serangkaian aktifitas. Kemudian saya berwudhu dan menunaikan tahajud. Sekitar pukul 03:55 tahajud selesai. Sambil menanti adzan subuh berkumandang (sekarang sekitar pukul 04:20), saya isi dengan tilawah Alquran (mencicil kewajiban sebagai odojer di komunitas ODOJ=one day one juz). Karena padatnya aktifitas di hari kerja, saya harus mencicil tilawah aga bisa selesai satu juz satu harinya. 

"Allahhuakbar Allahhuakbar...", suara adzan subuh menghentikan tilawah saya. Selesai adzan segera saya bangkit menunaikan sholat rawatib dan subuh. Setelah semua kegiatan ibadah selesai, saya rapihkan tempat tidur, beres-beres, dan menyapu. Sejak lulus kuliah dan bekerja, saya tinggal di kost-kostan, jadi semua pekerjaan rumah saya tangani sendiri. Setelah selesai semuanya, saya mandi kemudian bersiap-siap untuk berangkat kerja. Namun sebelum melangkahkan kaki keluar, saya sempatkan untuk dhuha (07:25). Pukul 07:45 baru saya berangkat kerja. 

Alhamdulillah, dengan hanya berjalan kaki sekitar 5 menit, saya sudah sampai di tempat kerja. Kelas di mulai 10 menit kemudian. Kelas pagi adalah kelas Basics (anak-anak). Kegiatan belajar mengajar berlangsung selama satu setengah jam (waktu yang sudah ditetapkan pihak institusi). Setelah kelas usai, saya langsung pulang; ganti pakaian dan menuju dapur untuk memasak menu makan hari ini. Masak sendiri menurut saya lebih hemat dan higienis. Saya beli masakan jadi jika memang tidak sempat saja. Paling lama saya selesai masak hingga pukul 11:20. Saya mandi lagi karena pukul 14:00 saya harus sudah berada di kantor lagi untuk mengajar. Mulai dari siang inilah jadwal terpadat saya. Mengajar dari pukul 14:00-20:15, dengan dua kali masa istirahat.

Pukul 11:55 suara adzan memanggil. Saya pun segera menunaikan kewajiban sholat dzuhur dan melanjutkan tilawah Quran sesudahnya (memenuhi target selesai satu juz sehari dan harus sudah lapor kholas sebelum magrib di grup ODOJ).

Sekitar pukul 13:00 saya makan siang. Dan setelah semua beres (cuci piring dan yang lainnya), saya bersiap-siap berangkat kerja. Pukul 13:45 baru saya meluncur ke lokasi kerja. Ada 3 kelas lagi yang harus saya ajar. Pukul 14:00 kelas Basics, pukul 16:00 dan 18:45 kelas Elementary (SMA, Mahasiswa, dan Umum). 

Jeda istirahat pukul 15:30 saya gunakan untuk sholat ashar dan menelpon murid-murid yang sudah dua kali berturut-turut absent. Istirahat sebentar, dan pukul 16:00 saya kembali mengajar hingga pukul 17:30. Jeda istirahat menjelang maghrib biasanya saya gunakan untuk makan dan tilawah menuntaskan sisa lembar Alquran untuk bisa segera kholas dan laporan di ODOJ sebelum maghrib. 

Pukul 18:45 saya kembali mengajar. Kelas malam adalah kelas yang paling crowded (sekitar 35 siswa). Kelas yang cukup membuat saya lelah. Apalagi jika ada test atau koreksian. Tapi all in all, saya sangat menikmati dunia mengajar ini. Ada kebahagiaan tersendiri saat saya berkumpul dan berinteraksi dengan murid-murid saya, baik anak-anak maupun yang dewasa (FYI, saya salah satu guru yang paling dekat dan di cintai sebagian besar murid, hehehe. Sombong dikit boleh ya).

Pukul 20:15 kelas berakhir. Alhamdulillah akhirnya saya selesai menjalankan tugas sebagai pendidik hari ini. Saya pun segera bergegas pulang; tidak sabar ingin mencumbu masakan yang saya masak tadi. Sampai di kostan, biasanya saya duduk sebentar (10 menit); ganti pakaian dan segera berwudhu untuk sholat isya dan tilawah sejenak. Setelah itu saya makan sambil buka ponsel untuk melihat ada berita apa saja di ponsel saya seharian ini. Dan semenjak jadi warga ODOP 3, saat pulang ini saya gunakan untuk menulis dan mengintip obrolan di beberapa grup yang saya ikuti. Sesekali saya ikut nimbrung. Dan jika sedang udzur (tidak sholat), biasanya saya menikmati beberapa film hasil download yang sudah tersedia di laptop. 

Sekitar pukul 23:00 atau lewat sedikit, saya harus sudah tidur. Dan aktifitas akan berulang dengan kegiatan yang sama yang di mulai pukul 03:30 atau menyesuaikan jadwal adzan subuh. 

#OneDayOnePost3
#TantanganKegiatanSehari-hari


Bandar Lampung, 24 November 2016

Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top