0

Pixabay.com


Bau mulut memang tidak termasuk kedalam jenis penyakit medis berbahaya. Tetapi masalah ini akan sangat mengganggu kenyamanan saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itulah kita juga perlu mempunyai pemahaman yang cukup tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap, sehingga tidak lagi ada yang namanya tidak percaya diri, atau malu saat harus berbicara berhadapan atau dalam jarak yang dekat dengan lawan bicara.

Bau mulut umumnya banyak disebabkan oleh tidak terjaganya kebersihan atau pun kesehatan gigi dengan baik. Misalnya malas atau jarang membersihkan gigi yang dianjurkan, yakni dua kali sehari. Hal ini, jika terus dilakukan, maka akan menyebabkan banyak sisa makanan yang tertinggal dan akhirnya menciptakan sarang bakteri pada gigi. Inilah faktor yang menyebabkan aroma napas yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap. Selain itu, bau mulut juga bisa ditimbulkan karena kebiasaan atau pola hidup buruk, misalnya merokok, diet ketat, mengkonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu yang berpotensi menimbulkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

1.      Bersihkan gigi secara teratur dua kali sehari. Gunakanlah jenis sikat gigi yang nyaman dipakai. Sehingga saat membersihkan gigi, tidak mencederai area rongga mulut. Selain itu pilihlah jenis sikat yang mampu bekerja maksimal dalam menjangkau bagian-bagian celah gigi. Sehingga kebersihannya juga akan maksimal.

2.      Bersihkan juga bagian lidah saat menggosok gigi.

3.      Gantilah sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali. Karena sikat gigi yang telah dipakai lama akan mengurangi kinerja sikat itu sendiri dalam membersihkan gigi.

4.      Makan buah seperti apel dapat membantu produksi air liur, yang akan membantu menghilangkan bau mulut. Karna mulut yang kering itu akan mudah menyebarkan bau pada mulut.

5.      Periksa kesehatan gigi minimal setiap 6 bulan sekali

6.      Hindari konsumsi alkohol, dan perbanyak konsumsi air putih.

7.      Kunyah permen karet rendah gula.

Itulah beberap cara menghilangkan bau mulut. Selain hal di atas, jangan lupa untuk memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya bau mulut, seperti bawang putih. Mulailah mem-filter makanan yang masuk, agar kondisi mulut juga sehat dan terhindar dari yang namanya bau mulut tak sedap.

Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top