0
cookpad.com


Sambalado Tulang, Makanan Khas Minangkabau Menu Buka Puasa Penggugah Selera – Indonesia kaya akan khasanah kuliner yang memiliki cita rasa istimewa. Salah satunya adalah kuliner khas Provinsi Sumatra Barat. Aneka hidangan yang berasal dari ranah Minang memang sudah sangat terkenal di seantero negeri. Bahkan dunia luar pun mengakui kelezatan masakan khas masyarakat Minangkabau ini. Sebut saja diantaranya, rendang, dendeng balado, kalio ayam, sambalado tanak, rakik maco, cincang, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan untuk rendang sendiri telah dinobatkan sebagai 50 daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. Dan bahkan rending tetap menduduki urutan pertama dari daftar tersebut (m.detik.com, Juli 2017). Nah di bulan ramadhan ini tentunya sangat nikmat menghidangkan menu buka puasa dengan makanan khas Minangkabau.

Keunikan cita rasa yang berasal dari racikan rempah tradisional dan bumbu khas, yang diolah oleh tangan-tangan piawai masyarakat Minang, yang sudah turun temurun mewarisi kebolehan nenek moyang dalam mengolah aneka masakan, telah menjadikan masakan Padang mendapat posisi istimewa bagi para penikmat kuliner khas nusantara. Tak heran jika banyak bertaburan rumah-rumah makan atau pun restoran-restoran Padang di pelosok negeri, hingga beberapa Negara di dunia. kepopuleran akan kenikmatan masakan Padang ini pun sampai memunculkan pernyataan, “Perempuan Padang itu pasti pandai memasak.” Wah sebagai anak Minang, aku harus mampu membuktikan diri bahwa aku bisa atau pandai mengolah masakan, nih. Insya Allah.

Kelezatan masakan Padang memang sudah tak terbantahkan lagi. Siapapun pasti akan sangat sulit menolak jika disuguhkan hidingan khas tanah Minang, yang selalu bisa menggoda lidah untuk segera mencumbuinya. Namun pada tulisan kali ini aku tidak akan membahas mengenai hidangan yang sobat jejak sering temukan di rumah makan atau restoran Padang, seperti rendang dan teman-temannya. Pada kesempatan kali ini aku ingin sedikit berbagi tentang menu masakan Padang yang jarang, bahkan tidak mungkin ditemukan di rumah makan atau restoran Padang, yaitu sambalado tulang.

Sambalado tulang merupakan sajian masakan yang kerap menjadi menu buka puasa, sebagai lauk teman makan nasi di keluargaku. Sajian ini biasanya tidak akan bertahan lama jika sudah dihidangkan di atas meja makan. Karena cita rasanya memang maknyus di lidah. Bahan dasar utama pembuatnya adalah  tulang segar yang masih ditempeli sedikit daging. Yang menjadi ciri khas pembuatannya adalah cara mengolah tulangnya. Jadi setelah tulang dibersihkan, tulang diungkep dalam wadah dan didiamkan selama kurang lebih sehari. Setelah itu tulang dibersihkan kembali untuk diolah menjadi masakan lezat yang dipadukan dengan aneka bumbu khas. Bumbu utama yang diguakan terdiri dari cabai merah segar, bawang merah, dan sedikit tomat.

Hidangan sambalado tulang yang menjadi salah satu menu buka puasa favorit di keluargaku ini paling enak disantap bersama nasi hangat putih beserta lauk pelengkap seperti terung atau daun singkong rebus. Sensasi pedasnya yang khas dengan dipadu aroma tulang sapi benar-benar akan membuka selera makan. Rasanya saat menyantapnya ingin nambah lagi, lagi, dan lagi. Ya, itulah menu buka puasa khas Minangkabau di keluargaku yang menjadi hidangan penggugah selera.

Posting Komentar

Make Up Simple Natural Untuk Momen Lebaran

Hari raya Idul Fitri (Lebaran) akan tiba sebentar lagi. Di hari yang fitri ini biasanya keluarga besar akan ramai berkumpul. Setiap Musl...

 
Top