0
Freepik.com

Raih Berkah Saat Momentum Buka Puasa – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dirindu kedatangannya oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Karena di bulan ini Allah ta’ala menurunkan banyak nikmat dan berkah yang melebihi bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan ada lautan pahala dan keistimewaan yang bisa diraih dengan semakin mendekatkan diri kepada Rabb semesta alam. Terutama bagi mereka yang ikhlas lillahi ta’ala menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga senja hari saat adzan maghrib berkumandang sebagai penanda tibanya waktu buka puasa.

Buka puasa adalah momentum yang paling dinanti oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Ini adalah saat-saat istimewa yang menawarkan kepuasan bagi orang-orang yang berpuasa, setelah berjuang seharian menahan segala bentuk nafsu dunia. Tidak hanya itu, momen buka puasa adalah kesempatan terbaik untuk memanjatkan doa akan berbagai hajat kebaikan. Karena salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa adalah saat menjelang buka puasa.

Nah agar ritual buka puasa itu tidak menjadi momen yang tak berbekas, sebaiknya perhatikan tata cara berbuka yang telah diajarkan oleh Rosulullah SAW. Tujuannnya agar segala berkah yang berjatuhan di bulan suci Ramadhan bisa diraih. Berikut tahapan yang bisa kita ikuti saat akan membatalkan puasa di saat waktu buka puasa telah menggema.


Urutan Cara Berbuka Puasa

1.     Jika Adzan sudah terdengar, bacalah “Bismillah” dan segeralah batalkan puasa dengan memakan tiga butir kurma. Namun jika tidak ada buah kurma, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu.

2.      Setelah minum air putih, bacalah lafadz do’a yang dianjurkan berikut:

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru insyaAllah”
(Telah hilanglah dahaga, telah basahlah keerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki)

3.  Setelah itu barulah makan hidangan lain yang ingin dimakan. Tapi perlu diingat, makanlah secukupnya. Jangan terlalu bernafsu ingin melahap habis semua sajian yang menggoda lidah tersebut. Karena akibatnya nanti kita mengantuk dan bisa malas untuk menegakkan sholat disebabkan perut yang terlalu berisi penuh.


Demikianlah cara meraih berkah saat momentum buka puasa. Semoga kita semua senantiasa diteguhkan untuk menjalankan segala titah Allah. Dan semoga ibadah puasa yang kita jalani mendapat barokah dari-Nya. Marhaban yaa Ramadhan.


Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top