0

freepik.com

Sahur adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi mereka orang-orang yang beriman, ketika hendak menjalankan ibadah puasa. Biasanya makan sahur ini dilakukan di waktu dini hari sekitar pukul 03:00 hingga memasuki waktu sholat subuh. Anjuran makan sahur dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh agar lebih kuat saat harus menahan rasa lapar dan dahaga,yang dimulai sejak fajar hingga datangnya waktu untuk membatalkan (buka) puasa ketika maghrib tiba. Selain itu, makan sahur ini juga menyimpan banyak berkah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. jadi sebisa mungkin santap menu sahur agar mendapat berkah meski dengan hanya seteguk air putih.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rosulullah SAW bersabda,”Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Melewatkan makan sahur memang tidak akan menghalangi seseorang yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Namun alangkah sayangnya jika berkah yang ditawarkan sahur tidak kita perjuangkan untuk berusaha meraihnya. Mungkin memang ada rasa malas saat harus bangun di kala mata sedang nikmatnya terpejam. Ada juga rasa malas untuk bersibuk ria menyiapkan hidangan untuk makan sahur. Atau ingin sahur namun waktunya terlalu sempit dikarenakan bangun telah mendekati ujung waktu diperbolehkan untuk makan. Nah jika waktu yang menjadi kendala hingga tak sempat menyantap hidangan sahur, berikut ada tips yang mungkin bisa membantu untuk tetap bisa meraih berkah saat sahur di waktu yang terbatas.

Tips Menghidangkan Menu Sahur Praktis Dan Sehat

Menu sahur haruslah makanan yang sehat dan mampu menunjang tubuh tetap kuat beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa. Untuk hidangannya tidak perlu terlalu repot atau harus menghabiskan banyak waktu. Karena ada beberapa santapan sahur yang dapat Anda sajikan dengan sangat praktis, namun tetap mengandung nilai gizi baik bagi suplai energi dan kesehatan tubuh. Berikut diantaranya:
1.      Mie Goreng Campur Sayuran
Mie mengandung karbohidrat. Sehingga cocok untuk menunjang sumber energi tubuh saat berpuasa. Nah agar lebih sehat tambahkan aneka sayuran seperti, kubis, sawi, wortel, atau bisa juga ditambah dengan telur, sosis, ayam suwir atau bakso.

2.      Oatmeal
Oatmeal bisa menjadi menu sahur sehat yang dapat Anda sajikan dengan sangat praktis dan cepat. Jika ingin menambah kandungan gizinya, Anda bisa menambahkan buah-buahan,yogurt, atau madu, dan sayuran rebus.

3.      Salad sayur atau buah
Agar menu sahur dengan hidangan salad dapat memenuhi kebutuhan gizi, maka pilihlah sayuran atau buah yang mengandung protein, karbohidrat, lemak,vitamin, dan mineral. Misalnya kentang, keju, macaroni, brokoli, telur, wortel,timun, tomat,salada, apel, dan buah lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral bagi tubuh.

4.      Roti isi
Untuk hidangan yang satu ini, Anda bisa mengkombinasikan roti dengan aneka sayuran misalnya salada, tomat, timun, sosis, mayonese, dan lainnya. Sebaiknya pilih roti gandum karena roti jenis ini mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh.


Demikianlah beberapa hidangan menu sahur praktis yang bisa Anda coba saat dikejar waktu. Jadi keberkahan yang ada dalam sahur tetap bisa Anda raih meski hanya dengan makan makanan yang dihidangan dengan praktis. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Hadir Semakin Dekat, HokBen Antasari Lampung Tawarkan Keistimewaan Baru yang Wajib Dicoba

Kami di pembukaan HokBen Antasari Dok. Tapis Blogger Berbicara tentang makanan, pastinya tidak akan pernah bosan, ya sobat jejak ...

 
Top