5


Blog adalah salah satu wadah yang cukup efektif digunakan untuk menuangkan segala apa yang ada di otak. Dan saat ini telah banyak komunitas yang mengumpulkan para blogger dalam satu wadah (group), dimana para anggotanya bisa saling bersilahturahmi, saling mengenal, berbagi ilmu dan informasi, serta bersama-sama saling mendukung dalam satu tujuan, yaitu menaburkan benih kebaikan melalui tulisan. Salah satunya adalah Tapis Blogger, sebuah komunitas pecinta blog (blogger) yang ada di Lampung.





Sebuah blog akan bisa menarik banyak pengunjung jika berisi tulisan-tulisan yang bergizi, dan dibutuhkan banyak pembaca. Namun sebuah tulisan saja tidaklah cukup. Perlu adanya sentuhan dan kreativitas sang blogger dalam menjamu pengunjung, agar betah dan suka berkunjung ke blog pribadinya. 


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia itu cinta akan keindahan. Dan salah satu yang bisa membuat indah konten blog adalah foto yang menarik. Artinya foto yang bisa menyedapkan pandangan mata. 


Pada kesempatan kali ini Tapis Blogger yang tengah merayakan milad pertamanya, menggelar acara pelatihan fotografi bagi para anggotanya, agar mampu menyuguhkan konten blog yang menarik, dan tentunya bisa menjaring banyak pengunjung. Hal ini tentu akan berakibat baik bagi narablog itu sendiri. Tak tanggung-tanggung, Tapis Blogger menghadirkan Yopie Pangkey, Fotografer senior di Lampung, untuk menjadi pemateri utama di pelatihan fotografi ini. 





Pelatihan Fotografi dilangsungkan pada hari Sabtu, 9 September 2017, bertempat di Taman Wisata Alam Wira Garden di Jalan Wan Abdurahman, Batu Putu, Teluk Betung Utara, Bandarlampung. Lokasi ini dipilih karena dianggap memiliki banyak spot bernuansa alam yang indah serta menarik. 


Acara ini diikuti oleh puluhan peserta, yang tidak hanya berasal dari anggota Tapis Blogger. Tetapi juga juga diikuti oleh beberapa orang yang merupakan penerima reward  lomba blog pada acara blogging class bersama Zetizen di Radar Lampung, pada Ahad, 3 September 2017.




Dalam pelatihan ini bang Yopie mengajarkan para peserta bagaimana caranya memotret objek yang sederhana, bisa menjadi sesuatu yang bernilai keindahan. Selain itu, pada pelatihan gratis ini, bang Yopie juga mengajarkan tentang menentukan sudut pandang, mengatur pencahayaan, membentuk frame, membagi letak (1/3 bagian), dan membuat sebuah foto yang mampu menyampaikan sebuah pesan atau cerita.


Dan satu lagi, peserta diajarkan bagaimana mengatur cahaya kamera ponsel agar hasilnya bagus, yaitu dengan menutupi bagian kamera dengan tisu. Saat bang Yopie menu jukkan foto-foto hasil bidikannya di laptop, nampak para pesera terpukau dan mungkin juga baper dengan keindahan hasil foto bang Yopie.  


Pada sesi tanya jawab, kami mendapatkan tips bagaimana agar foto yang diikutkan dalam sebuah lomba bisa menarik perhatian para juri. Kuncinya yaitu, kenali tipe juri dan jenis foto yang disukainya.


"Mau bagaimanapun, mau sebagus apapun foto kita, jika tidak sesuai dengan selera juri, ya pasti dibilang jelek. Jadi cari tahu selera jurinya seperti apa dan pelajari hasil foto-foto mereka," kata bang Yopie saat menjawab pertanyaan peserta. 


Sekitar pukul 12:00 WIB pemberian materi keren ini usai. Para peserta dipersilahkan istirahat (sholat dan makan siang). Namun sebelum itu kami semua diberi kesempatan untuk mengabadikan kebersamaan ini dengan foto bersama. Setelah itu kami dipersilahkan untuk memotret tumpeng milad pertama Tapis Blogger sebelum mbak Naqiyyah Syam, founder Tapis Blogger memotongnya.


Foto by: Tapis Blogger


Sekitar pukul 13:30 WIB peserta diminta untuk mempraktekkan materi fotografi dengan memotret produk sponsor (Hometown Dairy, Tumpeng Papatoms, dan Ubi Cilembu), dengan memanfaatkan spot-spot indah di Wira Garden. Dan sebagai blogger, kami juga diminta untuk mereview event ini sekaligus mereview produk sponsor di blog masing-masing. Setiap peserta acara ini juga mendapatkan satu botol Hometown Dairy kemasan satu liter. Selain itu pihak Tapis Blogger juga mengadakan kontes foto terbaik terkait event ini, yang harus di upload di akun Instagram peserta. 


Acara pelatihan Fotografi selesai sekitar pukul 15:00 WIB dengan diumumkannya para pemenang lomba foto. Pemenang berhak atas hadiah berupa voucher makan di Perut Bulat dan Jilbab Tasya Busana. 


Terima kasih Tapis Blogger. Semoga Tapis Blogger selalu terdepan dalam menggiatkan dan menumbuhkan kecintaan dalam dunia kepenulisan, khususnya bagi blogger Lampung. 

Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top