0


Menulis adalah salah satu cara terbaik mengekspresikan diri, menuangkan pikiran, dan yang tak kalah penting adalah sebagai media menyebarkan benih-benih kebaikan bagi orang banyak. Dengan menumpahkan segala ide yang berseliweran dalam pikiran ke dalam tulisan, tentulah akan menjadikan ide tersebut lebih bermanfaat, dan pastinya ilmu yang ditorehkan dalam untaian kata itu akan lebih abadi, serta terus mengalirkan kebaikan bagi penulis dan pembaca. Hal ini sejalan dengan sabda Rosulullah, "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya."


Dunia literasi saat ini tengah mengalami kemajuan. Hal ini terlihat dari bermunculannya para penulis baru dan mereka-mereka yang menunjukkan ketertarikan dalam bidang kepenulisan. Fasilitas dan dukungan yang mewadahi minat ini pun semakin banyak bertebaran. Salah satunya adalah apa yang diprogramkan oleh Q-Writing Consulting, yang dikenal dengan nama Super writer.


Q-writing Consulting adalah salah satu komunitas di bidang kepenulisan, yang berdiri pada tanggal 29 April 2015. Komunitas yang didirikan oleh seorang lulusan Universitas Muhammadiyyah Sidoarjo bernama Yovie Kyu ini, mempunyai visi besar, yaitu mencetak 10.000 penulis muda di tahun 2035. Q-Writing Consulting mempunyai empat level, yakni: Super Writer, Knight Writer, Author Master, Expert Coach Clinic. Masing-masing level akan memfasilitasi penulis muda untuk mewujudkan hasrat dan niat baiknya berbagi pengetahuan


Super Writer adalah program yang dirancang guna menantang para penulis yang tergabung di dalamnya, untuk memenuhi tantangan satu bulan menulis, berdasarkan tema-tema yang diberikan pihak Q-Writing Consulting. Meskipun tantangan ini free of charge (gratis), namun ada sistem berdenda yang diperuntukkan bagi peserta yang tidak komitmen, sebagaimana yang telah disepakati dalam kontrak belajar. 


Untuk program Super Writer sendiri, pihak Q-writing Consulting menyiapkan limabelas tantangan menulis bagi peserta. Tantangan pertama dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017. Dan hingga hari ini, kami yang tergabung dalam Super writer telah menjalani tantangan kesembilan. Setiap tantangan yang diberikan mempunyai tingkat kesulitannya masing-masing. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta untuk terus konsisten menyetorkan hasil karya tulisnya. 


Semangat para peserta ini pulalah yang turut mendongkrak semangat untuk tidak berhenti menulis. Karena terkadang ada saja saat di mana saya tak mampu berhadapan dengan layar monitor, untuk mengetikkan bait-bait kalimat. Alasannya, karena badan ini lelah dengan aktifitas keseharian yang menyita waktu. Tapi kembali saya sentil diri dengan mengingat kembali apa tujuan menulis. Alhasil, meskipun dengan tergopoh-gopoh, karena baru memulai menuangkan ide tulisan menjelang malam (waktu istirahat), saya mampu memenuhi kewajiban menulis.


Selama mengikuti challenge ini saya semakin termotivasi untuk tetap menulis. Beragam tema yang dirancang dan disuguhkan hingga setengah perjalanan ini, telah melatih saya untuk bisa menghasilkan tulisan dengan tema berbeda. Jadi tulisan tidak monoton di genre yang sama. Karena menjadi seorang penulis tidak melulu harus bergelut di tema yang sama terus. Tapi seorang penulis juga harus multifungsi. Artinya ia bisa menghasilkan tulisan dengan jenis dan tingkat kesulitan yang berbeda.


Semua tulisan yang telah dibuat, kemudian dikirimkan lewat attachment email ke alamat email mas Yovie Kyu ( yoviekyu@gmail.com ). Dalam menuliskan tantangan ini, kami harus menuliskannya berdasarkan aturan yang ditetapkan. Mulai dari jumlah kata, font tulisan, spasi, margin, jenis kertas, dan ukuran font. Yang membuat saya semakin semangat saat mengikuti tantangan demi tantangan adalah evaluasi atas setiap tulisan peserta. Mengapa? Karena hal ini akan membantu kami semakin paham ilmu menulis. 


Bagi saya event yang diadakan Q-Writing Consulting ini akan semakin membantu saya dalam mendisiplinkan diri menulis dan meningkatkan mutu tulisan. Selain itu saya juga ingin bisa turut berkontribusi bersama Q-Writing Consulting dalam menggiatkan bidang kepenulisan, agar semakin banyak ilmu dan manfaat yang terekam abadi serta yang bisa disebarkan. 


Harapan saya semoga Q-Writing Consulting bisa terus hadir di tengah masyarakat, dalam menggerakkan para penulis untuk terus menuliskan ide-idenya. Selain itu juga semoga Q-Writing Consulting semakin diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mewujudkan niat baiknya untuk terus bisa menebarkan kebaikan lewat tulisan, terutama untuk mencetak 10.000 penulis muda di tahun 2035. Mungkin bisa lebih cepat dari itu. 


Terima kasih buat tim Q-Writing Consulting, yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk mengikuti program Super Writer. Terutama mas Yovie Kyu yang telah bersedia membagi waktunya untuk membaca dan mengevaluasi tulisan kami. 

Posting Komentar

Tips Mengajak dan Melatih Si Kecil Berpuasa

Foto: Freepik editted by Canva “Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang ...

 
Top