6


Judul Buku                   : Detik-Detik Nafas Terakhir Muhammad
Pengarang                    : Muhammad Shadiq Al-Minshawi dan Dr. Zaid Abdullah Az-Zaid
Tahun Terbit                 : April 2014
Cetakan                       : Pertama
Dimensi Buku               : 14 x 20,5 cm
Jumlah Halaman            : 154
ISBN                           : 978-602-8945-16-5
Penerbit                        : Multazam (Zam-Zam Group)
Harga Buku                  : Rp 30.000


Sungguh telah datang kepadamu seorang rosul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, pengasih dan penyayang terhadaporang-orang yang beriman. (QS At-Taubah: 128)


Kita semua sebagai umat muslim beriman pasti tahu bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia paling mulia di muka bumi. Akhlak dan prilakunya sangat santun dan patut menjadi tauladan bagi seluruh umat manusia. Di samping itu beliau juga merupakan seorang yang sangat taat pada Allah SWT. Hingga Allah sangat memuji perangai beliau sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Alquran, “Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti luhur.” (Al-Qalam: 4)

Buku yang berjudul Detik-Detik Nafas Terakhir Muhammad mengajak pembaca untuk menelusuri kembali kehidupan Rosulullah SAW hingga akhir hayatnya. Buku ini menggambarkan secara terperinci menjelang detik-detik terakhir kehidupan Rosulullah di muka bumi. Pembaca akan diajak menelusuri setiap detik menjelang perpisahan dengan Rosulullah Saw, mulai dari beliau sakit, dirawat, mengimami sholat jamaah saat sakit, kondisi para keluarga serta sahabat beliau, hingga saat ruh manusia paling suci itu diangkat oleh malaikat.

Kisah yang dipaparkan dalam buku ini mampu mengajak pembaca turut tenggelam dalam suasana haru menjelang Rosulullah meninggal. bagi siapa saja yang sangat mencintainya, pastilah akan merasakan kesedihan dan keharuan yang mendalam mengenang detik-detik terakhir kepergian Rosulullah SAW selama-lamanya. Buku ini kembali mengingatkan kita betapa sosok Rosulullah SAW mempunyai kedudukan yang tinggi di hati setiap umat muslim yang akan selalu mencintainya.

Selain mengenang kembali kepergian Rosulullah SAW,  melalui buku ini kita juga diingatkan dan diajarkan tentang tanda-tanda kematian (perpisahan) melalui pesan-pesan terakhir yang diucapkan Rosulullah SAW. Agar kita juga bisa semaksimal mungkin mempersiapkan diri untuk kematian. Jangan terlena akan usia muda karena sejatinya kematian itu tak peduli dengan usia kita.




Di bagian akhir buku ini disajikan ulasan khusus mengenai !4 pedang yang pernah digunakan Rosulullah SAW semasa hidupnya, lengkap dengan ilustrasi gambar. Untuk sisi kekurangannya hampir tidak ada karena bahasa yang disajikan juga cukup indah dan mengalir. Tiap sub judul juga dijelaskan secara terperinci dan jelas (tidak bertele-tele). Sehingga pembaca mudah memahami setiap pesan yang tersirat dari setiap bagiannya.

Buku ini sangat bagus sebagai bahan referensi untuk mengetahui kehidupan akhir rosulullah. Dengan membaca buku ini, insyaAllah akan semakin meningkatkan rasa kecintaan kita pada Rosulullah SAW.

#ResensiBuku

#DetikDetikNafasTerakhirMuhammad

Posting Komentar

  1. Bisa jadi referensi beli buku nih...

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah berkunjung mbak Lisa. buku ini membuat kita sangat merindukan Rosulullah. mengenang saat-saat terakhir beliau membuat rasa haru yang mendalam.

    BalasHapus
  3. Kisah rasulullah selalu buat aku nangis. Resensinya sudah cukup bagus. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak Awie. Aku juga selalu netesin air mata saat baca kisah Rosulullah.

      Terima kasih mbak Awie :)

      Hapus
  4. membaca resensinya ini aja sudah mau nangis.... insyaaAllah kita semua jadi ummatnya yg kelak bertemu dengan beliau yaa, aamiin

    BalasHapus

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top