4
Aleppo (Halab) adalah sebuah kota tertua di dunia yang masih berpenghuni dan kota terbesar kedua di Suriah. Sudah sejak 2011 kenyamanan penduduk kota ini terusik karena perang. Perang yang harus berbayar jutaan nyawa tak berdosa untuk dikorbankan. 

Hingga saat ini perang di Aleppo semakin menyengsarakan rakyatnya. Rezim presiden Bashar Al Assad yang haus darah terus saja membunuhi rakyatnya sendiri dengan brutal, seakan tak mengizinkan satu jiwa penduduk Aleppo yang mayoritas Sunni untuk hidup, tak terkecuali anak-anak, bayi, dan wanita. Mereka semua menjadi korban kebengisan rezim. Penindasan, penyiksaan, pembantaian dan pembunuhan masal menjadi menu kehidupan yang harus dirasakan rakyat Aleppo. Hidup mereka sangat memprihatinkan dan penuh ketakutan. 

Mungkin sebagian orang enggan memikirkan nasib rakyat Aleppo. Bagaimana tidak? Dunia dan komunitas internasional seolah membisu, diam dan kurang responsif terhadap aksi sadis rezim Assad. Astaghfirullah, semoga ini hanya praduga khilaf saya. Saya masih sangat yakin bahwa diluar sana, disetiap sudut bumi ini, masih banyak insan yang peduli sesamanya. Bukan karena agama, tapi jiwa humanis yang masih ada. Hati rasanya tersayat saat menyaksikan kejadian sadis terhadap warga Aleppo. Setiap mata yang memandang penderitaan penduduk Aleppo pasti akan ikut merasakan kepedihan dan rasa sakit itu. 

Pembantaian masif rezim Assad dan sekutunya ini telah melukai hati umat muslim di seluruh dunia. Karena apa? Karena setiap muslim itu bersaudara. Dan saudara itu akan turut merasakan kepedihan saudaranya. Ibarat tubuh, jika ada bagian yang terluka, maka semua bagian tubuh akan ikut merasakan sakitnya. Derita Aleppo adalah derita kita. Duka Aleppo adalah duka kita. Mereka saudara kita. Meskipun kita terpisah benua dengan jarak ribuan kilometer, sampai kapanpun mereka saudara kita.

Allah SWT telah menetapkan persaudaraan sesama muslim sebagaimana firmanNya berikut:

"Innamal mukminuuna ikhwan" (Q.S Al-Hujurat:10)
(Sesungguhnya setiap mukmin bersaudara).

Sebagai saudara sudah seharusnya kita saling membantu. Inilah saatnya kita tunjukan bahwa kita bersama mereka saudara-saudara kita yang tertindas di Aleppo. Kita tidak mengabaikan mereka. Gunakanlah kesempatan ini untuk membela saudara kita. Lakukanlah apapun yang bisa menunjukan rasa cinta kita pada saudara kita.

Ingatlah bahwa kita pun akan ditanya oleh Allah di akhirat kelak perihal keberadaan kita saat saudara-saudara kita butuh pertolongan. Dimana kita saat itu dan apa yang telah kita lakukan untuk membela mereka?

Rasulullah SAW bersabda, "jika kebanyakan kaum muslimin meninggalkan dan membiarkan penduduk negeri Syam pada saat mereka sangat membutuhkan bantuan, maka sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla akan menolong mereka dengan karuniaNya dan kalian akan mendengarnya sebentar lagi".

Allah memang telah menjamin penduduk negeri Syam, karena Syam adalah negeri yang diberkahi. Syam adalah pusat negeri Islam akhir zaman dan benteng umat Islam saat terjadinya perang dahsyat akhir zaman. Namun wahai saudara-saudaraku, jaminan Allah ini bukan berarti membuat kita abai, tapi inilah saatnya kita menunjukan rasa persaudaraan itu

Wahai saudara-saudaraku di Aleppo, maafkanlah kami yang tak bisa berbuat apa-apa untuk meringankan penderitaan kalian. Maafkanlah kami yang diam menyaksikan penindasan atas kalian. Mungkin hanya sebait doa ini yang mampu kami panjatkan.

Ya Allah ya Rahim ya Rahman, selamatkanlah saudara-saudara kami kaum muslimin yang lemah. Yang tertindas dan teraniaya. Keluarkanlah mereka dari pengepungan dan kesempitan. Menangkanlah para mujajidMu disana ya Rabb. Turunkanlah azabMu segera pada mereka yang mendzolimi umat muslim dan hancurkanlah mereka. Aamiin

Teman, jangan ragu dan enggan menceritakan apapun yang terjadi pada saudara-saudara kita di sana. Terus katakan pada dunia bahwa disana ada kondisi yang sangat buruk yang butuh perhatian. Semoga dengan ini setidaknya kita bisa menggerakkan banyak hati untuk mengulurkan tangan membantu mereka. Semakin banyak yang tahu maka semakin banyak doa tercurah bagi mereka yang tertindas.

Semoga Allah SWT selalu melindungi dan menolong saudara-saudara kita di Aleppo, Palestina, Suriah, Irak, Yaman, Rohingya, dan semua tempat lainnya dari musuh-musuh Allah.    


#OneDayOnePost
#SaveAleppo
#SaveMuslim


Bandar Lampung, 18 Desember 2016

Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top