0
 

Tepat hari ini, 10 Desember 2016, seluruh masyarakat dunia memperingati hari hak asasi manusia (HAM). Adanya peringatan ini diharapkan dapat mengingatkan kembali akan penghormatan dan penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia yang meliputi berbagai aspek kebebasan dan hak seperti kebebasan berkumpul dan berpendapat, kebebasan beragama dan berkeyakinan, hak hidup tenang dan nyaman, serta kebebasan dari kemiskinan dan rasa takut. 

Sebagaimana jargon yang dideklarasikan oleh PBB (perserikatan bangsa-bangsa) dalam kampanye HAM internasional yang berbunyi : "Our rights, our freedom, always" (hak-hak kita, kebebasan kita, selalu), seyogyanya bisa menyadarkan setiap individu akan pentingnya menghargai dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Namun pada kenyataanya, masih banyak tindak pelanggaran HAM terjadi di berbagai belahan dunia. Deklarasi HAM terlihat seperti sebuah wacana di atas kertas tanpa teraplikasikan secara nyata.

Di Indonesia saja, ada beberapa kasus HAM yang sampai saat ini tak terselesaikan. Para pelanggar terkesan di manjakan oleh negara dengan kurang intens dan seriusnya tindak lanjut kasus HAM tersebut. Sehingga para penjahat HAM bebas berkeliaran menikmati kekebalan hukum. Lihatlah kasus semanggi yang hingga saat ini tak terselesaikan. Juga pelanggaran HAM masa lalu (1965) yang tak kunjung terungkap. 

Dalam momentum peringatan HAM kali ini di harapkan bisa membangkitkan dan mengingatkan pemerintah untuk bisa segera menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di tanah air. Jangan biarkan ketidakadilan dan penderitaan korban HAM semakin meluas. Mereka juga punya hak yang sama dan wajib bagi pemerintah untuk memperjuangkan keadilan yang seadil-adilnya bagi korban HAM. Jangan biarkan negara ini terus membisu dan abai terhadap kasus perenggutan hak-hak dasar manusia. 

Saat ini HAM telah menjadi standar norma untuk melindungi setiap tindakan baik dari segi politik, hukum, dan sosial yang dikategorikan melanggar hak seseorang. 

Di hari HAM internasional ini saya berharap Indonesia segera dapat memberikan jawaban atas segala persoalan pelanggaran HAM yang terjadi. Pada hari ini marilah kita katakan pada diri kita untuk kembali berkomitmen dalam menjamin dan menjunjung tinggi HAM terhadap setiap individu dimanapun dan kapanpun. 

Selamat hari hak asasi manusia sedunia. Let's create a better world by showing our respect and love to each other. 

#OneDayOnePost
#HariHAMSedunia


Bandar Lampung, 10 Desember 2016


Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top