0


Urban legend atau legenda urban adalah sebuah legenda yang menyebar di masyarakat, yang biasanya berkaitan dengan mitos atau kepercayaan yang sering dihubungkan dengan hal-hal mistis, horor, atau bisa juga kisah moral. 

Tantangan one day one post dari uncle Achmad Ikhtiar untuk pekan ini adalah menuliskan urban legend yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing anggota ODOP. Dan kali ini saya akan mencoba menceritakan tentang legenda urban di kota saya, Bandar Lampung, yaitu misteri sebuah rumah yang paling angker yang dikenal masyarakat sekitar sebagai rumah kapal. 

Rumah kapal adalah sebuah rumah yang berlokasi di jalan Rasuna Said Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Rumah yang dibangun pada masa belanda ini memiliki bentuk yang unik, berbentuk seperti kapal dengan lubang-lubang disekelilingnya sebagai jendela. Karena bentuknya inilah maka masyarakat sekitar menyebutnya rumah kapal. Namun bangunan ini sudah lama tak berpenghuni makhluk nyata, dan hanya tinggal puing-puing saja. 

Kekosongan yang sangat lama ini rupanya tidak disia-siakan oleh makhluk-makhluk tak kasat mata. Mereka segera memanfaatkannya sebagai tempat tinggal. Jadilah tempat ini sangat angker. Ditambah ada sebuah kisah yang konon katanya ada seorang gadis sedang lewat di depan rumah ini, dan oleh beberapa pemuda gadis tersebut dibawa ke rumah kapal. Diperkosa dan akhirnya meninggal di rumah itu. Kemudian sosok wanita dengan pakaian merah yang kerap menampakkan diri di sekitar rumah ini diyakini warga sebagai arwah gentayangan wanita tersebut. Hingga saat ini masyarakat masih mempercayainya. 

Sudah banyak kesaksian dari beberapa orang yang diganggu saat melewati rumah kapal. Banyak warga yang sering melihat penampakan di depan rumah ini. Dan bukan hanya sosok wanita berbaju merah saja. Tetapi ada sosok yang lainnya juga seperti: kuntilanak, wewe, siluman ular, anak-anak, dan siluman naga. Menurut kepercayaan warga setempat, sosok naga inilah yang menguasai lokasi rumah kapal. Dan dialah penyebab utama dari berbagai kecelakaan yang sering terjadi di jalan raya dekat lokasi rumah kapal (karena ekornya yang sangat panjang itu menjuntai hingga ke jalan utama). 

Menurut cerita beberapa orang dan sesepuh setempat, boleh-boleh saja jika kita ingin melihat secara dekat rumah tersebut. Tetapi dengan syarat jangan menengok ke belakang ketika akan beranjak pergi dari tempat itu. Karena penghuni gaib di sana beranggapan bahwa kita ingin tinggal disitu jika menengok ke belakang. Sampai saat ini banyak warga Bandar Lampung yang tidak berani melewati jalan Rasuna Said saat malam tiba. Mereka lebih memilih rute memutar walaupun jaraknya jadi lebih jauh. 

Menurut informasi, beberapa tahun yang lalu tim Mr. Tukul jalan-jalan dan Dunia Lain pernah ingin syuting dan mengungkap fakta gaib di rumah kapal. Sayangnya mereka tidak mendapatkan izin dari sesepuh setempat, karena kondisi rumah yang sangat terkenal keangkerannya itu. Ditakutkan akan terjadi hal-hal diluar batas kemampuan manusia. 

Demikianlah kisah urban legend di kota saya, Bandar Lampung. Jika anda punya nyali dan ingin uji adrenalin, silahkan berkunjung saja ke jalan Rasuna Said, Teluk Betung Utara. Jangan lupa banyak berdoa dan minta perlindungan Allah jika berada di sana. Karena tiada kekuatan apapun yang mampu menandingi kekuatan dan kekuasaan Allah Tabaaraka wata'aalaa. 


#OneDayOnePost
#TantanganUrbanLegend


Bandar Lampung, 13 Januari 2017



Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top