4


"Benar. Kita tak pernah lagi menjumpai kebahagiaan yang setara dengan kebahagiaan masa kanak-kanak kita." (John Steinbeck)


Kata-kata yang terangkai pada kutipan di atas menggambarkan bahwa masa kecil adalah masa yang dipenuhi kebahagiaan yang tak ternilai. Karena masa kecil adalah masa yang diakui sebagai momentum yang indah dalam fase kehidupan. Bagaimana tidak? Pada masa ini yang menjadi fokus adalah tentang bagaimana menikmati kehidupan dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Pada masa anak-anak pikiran belum terbebani tentang realita kehidupan yang lebih kompleks. 


Berjuta kebahagiaan masa kecil yang tercipta kerap membuat kita ingin kembali ke masa itu. Sayangnya, fase kehidupan memaksa kita untuk menjalani kehidupan, yang menuntut diri untuk menghadapi kehidupan sesungguhnya, dengan segala permasalahannya, yang bukan lagi tentang kesenangan semata. Namun, tak ada salahnya jika kita memutar kembali rekaman akan kenangan masa kecil itu sebagai obat rindu, yang mungkin bisa mentransfer setitik kebahagiaan pada saat itu. 


Ada banyak kenangan masa kecil yang selalu membuatku rindu. Salah satunya adalah kebiasaan main hujan-hujanan bersama teman-teman. Saat itu hujan adalah momen yang paling menyenangkan bagi kami. Begitu sang air langit turun menyapa bumi, saat itulah kami akan berhamburan keluar rumah menyambut hujan dengan riangnya. Berlari kesana kemari sambil tertawa lepas, saling kejar-kejaran, dan berseluncur di aliran air yang mengenang.  Kami terus menikmati setiap tetes hujan hingga lelah. Hujan adalah sahabat bermain yang menambah keseruan setiap permainan kami pada masa itu. Inilah saat-saat yang paling menyenangkan bagi kami. Air hujan adalah salah satu sumber kebahagiaan yang selalu dinantikan. Sangat berbeda dengan saat ini, di mana kebanyakan kita terlihat panik jika sang langit mulai memberi isyarat akan menumpahkan butiran beningnya ke bumi. Padahal jika dipikir, hujan itu adalah salah satu wujud cinta kasih sang pencipta atas makhluknya. Dalam setiap tetes airnya terkandung berkah. Dan mungkin karena ini pulalah kami sangat bergembira saat kecil tatkala sang hujan turun. 


Indahnya masa kecil memang takkan pernah tergantikan dengan apapun. Setiap momennya adalah sumber kebahagiaan yang meninggalkan makna luar biasa untuk selalu dikenang. Masa-masa itu adalah pengalaman berharga yang mengajarkan kita tentang cara menikmati hidup dan tentang cara bersukur atas nikmat kehidupan yang diberikan oleh Allah ta'ala. Betapa luar biasa kebahagiaan yang tercermin di kehidupan masa kecil. Bahkan dengan sekedar mengingat memori tentangnya pun sudah mampu membuat kita tersenyum. Maka, nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang kau dustakan. 


salam, Rika Altair

#KenanganMasaKecil
#SweetMemories

Posting Komentar

  1. Wah benar sekali, ingat masa kecil yang bahagia banget. Dunia yang berbeda dengan masa kecil anak-anak jaman sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak wid. masa kecil dulu lebih amazing dari jaman sekarang. valuable memories pokoknya

      Hapus
  2. Sudah berbeda perspektif semakin dewasa ya.

    BalasHapus

Hadir Semakin Dekat, HokBen Antasari Lampung Tawarkan Keistimewaan Baru yang Wajib Dicoba

Kami di pembukaan HokBen Antasari Dok. Tapis Blogger Berbicara tentang makanan, pastinya tidak akan pernah bosan, ya sobat jejak ...

 
Top