0


Hobi. Sebuah kata yang sudah tidak asing lagi tentunya. Karena hobi sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Semua aktifitas  yang digemari atau sering dilakukan, itulah hobi. Menurut sumber dari wikipedia, hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Dengan kata lain, hobi adalah sarana yang bermanfaat untuk merelaksasi tubuh dan pikiran, dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan juga membosankan. 


Mempunyai hobi itu penting sekali. Hobi adalah kegiatan kreatif untuk diri sendiri. Bukan demi uang atau popularitas. Kamu melakukannya hanya karena suka. Hobi itu memberi, tidak pernah menuntut (Dikutip dari buku Steal Like An Artist, halaman: 69).


Berkecimpung dan memanfaatkan waktu luang, untuk melakukan hobi yang kita miliki memang sangat menyenangkan. Meskipun terkadang hobi tersebut adalah aktifitas yang menyita waktu juga bahkan bisa melelahkan, seperti: mendaki gunung, bermain sepakbola, atau bertualang mengelilingi suatu tempat. Bisa dikatakan bahwa tidak ada istilah lelah untuk melakukan aktifitas yang digemari. Semua yang dilakukan karena kita suka melakukannya. Tidak ada paksaan ataupun tuntutan. 


Sebagai aktifitas yang dianggap menyenangkan, tentunya hobi mempunyai banyak penggemar. Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan dana lebih hanya untuk sekedar merealisasikan hobinya. Lalu bagaimana denganku?


Seperti kebanyakan orang, akupun mempunyai beberapa hobi yang kerap kulakukan. Salah satunya adalah travelling. Bagiku travelling adalah salah satu alternatif terbaik untuk me-refresh pikiran. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa, travelling itu adalah salah satu aktifitas yang membutuhkan budget lebih. Alhamdulillah, aku masih tetap bisa melakukan hobi ini meski dengan dana yang minim sekalipun. Jadi triknya, aku akan memangkas biaya-biaya yang memang tidak terlalu signifikan atau memilih alternatif lain agar bisa menghemat pengeluaran, tanpa mengurangi "sense of travelling" itu sendiri. Misalnya: cari penginapan murah atau bisa juga menumpang di tempat kenalan; cari tempat makan murah tapi tetap layak (tidak harus cafe atau restoran); atau gunakan angkutan yang bisa meminimalisir biaya saat bepergian kesana kemari.


Poin penting dalam melakukan hobi travelling ini adalah me-refresh pikiran, yang terkontaminasi oleh lelah dan tekanan aktifitas harian yang membosankan. Jadi, cukup bisa maksimal menikmati keindahan alam dalam setiap kunjungan ke suatu tempat, itu sudah menyenangkan. Jadi travelling bukan melulu harus pindah tidur ke penginapan mewah, makan di tempat mahal atau memanjakan kaki dengan naik angkutan mahal.


"Travel brings power and love back to your life." (Rumi)


#HijaberWriter

Posting Komentar

Tips Mengajak dan Melatih Si Kecil Berpuasa

Foto: Freepik editted by Canva “Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang ...

 
Top