0
Photo taken from klikdokter.com
editted by canva

Bau mulut tak sedap, atau dalam istilah medisnya dikenal dengan nama halitosis, merupakan kondisi mulut dimana area di dalam mulut akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Namun hal ini bukan termasuk masalah medis yang serius. Meskipun demikian, masalah ini mampu membawa rasa sangat tidak nyaman pada diri seseorang. Terutama dalam berinteraksi dengan orang lain. seseorang dengan bau mulut yang tak sedap tentu akan merasa tidak percaya diri dan terbatasi untuk berbicara. Terlebih jika harus berbicara dengan jarak yang dekat dengan lawan bicara. Selain menimbulkan efek tidak nyaman terhadap diri sendiri, bau mulut juga akan membuat orang lain tidak nyaman saat berbicara dengan kita.

Mengapa Mulut Bisa Berbau Tidak Sedap?

Bau mulut umumnya timbul karena terganggunya kesehatan mulut itu sendiri. Selain itu bau mulut juga bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti berikut ini.

1.      Jarang membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan
2.      Gigi berlubang
3.     Menderita penyakit saluran pencernaan, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, diabetes, gangguan hati, dan mulut kering (xerostomia)
4.      Merokok
5.      Pemakaian gigi palsu
6.      Diet ketat
7.   Pengaruh jenis makanan atau minuman  tertentu

Mencegah Terjadinya Bau Mulut

Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati. Dan cara yang paling tepat agar mulut tidak mengeluarkan aroma tak sedap adalah dengan menjaga kesehatan mulut serta menghindari kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya bau mulut.

1.      Sikat Gigi Dengan Baik dan Benar
Sikatlah gigi secara teratur  minimal dua kali setiap hari, yang dilakukan setiap pagi dan sebelum tidur malam. Lakukan 15-20 menit setelah sobat mengkonsumsi makanan. Menyikat gigi ini juga tidak boleh sembarangan. Tetapi harus dilakukan dengan benar agar sisa-sia makanan yang terselip di sela-sela gigi dapat terangkat. Dan jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang baik dan sesuai. Selain itu bersihkan juga area lidah.

2.      Ganti Sikat Gigi
Biasakan untuk mengganti sikat gigi setidakya dua bulan sekali

3.      Cek Kesehatan ke Dokter Gigi
Datang ke dokter gigi tidak hanya diperlukan saat sobat mengalami keluhan sakit gigi saja. Tetapi hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi, agar cepat mengantisipasi jika ada gejala kerusakan. Kunjungilah dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

4.      Konsumsi Makanan Sehat
Makanan yang sehat seperti buah dan sayur tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh. Tetapi juga untuk kesehatan gigi dan mencegah bau mulut.

5.      Berhenti Merokok
Produk tembakau adalah pemicu bau mulut. Jadi dengan berhenti merokok berarti akan menghindarkan sobat dari munculnya bau mulut.

Lalu Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut?

Meskipun terkadang kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan area mulut, namun tak jarang masalah bau mulut tetap muncul. Nah, hal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan bau mulut tentu mengenali penyebabnya. Sehingga sobat bisa dengan mudah untk mencari cara yang paling tepat untuk menghilangkan bau mulut tersebut. Berikut cara menghilangkan bau mulut lebih cepat dan aman yang bisa sobat lakukan.


1.      Minum Air Putih yang Banyak
Sudah tidak diragukan lagi bahwa air putih sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. minum air putih dapat membantu untuk menjaga area mulut tetap lembab. Selain itu air yang diminum dapat menjadi pembilas mulut untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal, yang bisa saja menjadi bakteri jika tidak dibersihkan.

2.      Berkumur Dengan Jus jahe
Jahe berfungsi mengatasi infeksi yang terjadi di mulut. Sehingga akan membantu sobat untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rongga mulut. Sobat hanya perlu berkumur dengan menggunakan parutan jahe yang dicampur dengan air hangat. Lakukan hal ini setelah makan dan untuk hasil optimal sobat bisa berkumur dengan jus jahe ini selama beberapa hari.

3.      Permen Karet
Permen karet akan membantu membuat aroma napas lebih segar. Tapi tidak semua permen karet bisa dikunyah untuk menghilangkan bau mulut. Pilihlah permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol atau rasa mint. Cara ini merupakan cara paling efektif dan ampuh untuk melenyapkan bau mulut. Terutama di saat darurat.

4.      Cuka Apel
Berkumur dengan 2 sdm cuka apel yang dicampur segelas air putih adalah cara yang juga sangat ampuh untuk mengatasi bau mulut. Lakukan hal ini di pagi hari dan malam sebelum tidur selama kurang lebih 5 menit.

5.      Mengunyah Sayur dan Buah
Beberapa sayur dan buah dapat menghilangkan aroma tak sedap pada mulut. Diantaranya, lemon, peterseli, dan kulit jeruk. Buah dan sayur ini dapat membantu meningkatkan produksi air liur dan menetralkan bau di mulut. Selain itu sobat juga bisa makan buah dengan kandungan air yang banyak seperti, tomat, wortel, apel, dan semangka untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

6.      Hindari Makanan Pengundang Bau
Jangan konsumsi bawang Bombay atau bawang putih. Karena keduanya akan memicu bau tak sedap saat sobat mengkonsumsinya. Hindari kedua jenis makanan ini saat sobat akan berbicara dengan jarak dekat.

7.      Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih? Ya, ternyata minyak yang biasa untuk bayi ini mampu dengan ampuh mengatasi keluhan bau mulut. Caranya dengan mencampurkan satu atau dua tetes minyak kayu putih ke dalam satu gelas air. Kemudian kumur-kumur dengan campuran itu. Setelah itu kumur-kumur lagi dengan air tanpa campuran minyak kayu putih. Lakukan hingga masalah bau mulut hilang.

8.      Minyak Kelapa
Berkumur dengan minyak kelapa selama kurang lebih 5 menit, dapat menghilangkan aroma tak sedap di mulut. Setelah selesai, berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang tertinggal.

9.      Biji Adas
Bumbu dapur yang satu ini juga sangat mujarab untuk mengatasi maasalah bau mulut. Caranya adalah dengan mengunyah setidaknya satu sendok teh biji adas dan kemudian telan. Lakukan hal ini hanya di saat sobat butuh saja, ya.

10.  Mouthwash
Mouthwash adalah cairan yang digunakan untuk mencuci mulut. Kandungan yang terdapat dalam mouthwash dapat membuat napas lebih segar dan tentunya menghilangkan bau mulut.

Demikianlah cara menghilangkan bau mulut secara cepat dan mudah. Sobat tidak perlu bingung dan panik lagi saat virus bau mulut mulai menyerang. Cukup aplikasikan beberapa cara di atas. Namun jika keluhan bau mulut tidak juga teratasi dengan cara tersebut, maka konsultasikanlah dengan dokter spesialis agar masalah sobat bisa ditangani dengan lebih baik.






Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top