8
Photo taken from bhinneka.com
Editted by canva

Dengan Memahami Cara Ini, Tak Perlu Lagi Takut Menggunakan Panci Presto – Perkembangan zaman yang kerap diikuti dengan kemajuan teknologi, telah banyak memberikan dampak signifikan pada kehidupan manusia. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan kemudahan-kemudahan di berbagai aspek, contohnya kemudahan dalam hal memasak. Salah satu peralatan memasak yang kini sangat populer dan digemari adalah panci presto. Kehadiran panci ini benar-benar mendapat apresiasi banyak orang., khususnya mereka yang berkecimpung di dunia memasak, seperti para juru masak di restoran hingga ibu rumah tangga.

Panci presto adalah peralatan memasak berupa panci yang memiliki kemampuan untuk memasak lebih cepat, dengan hasil olahan makanan yang lebih sehat, serta terjaga kandungan gizi maupun nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Panci ini banyak dimanfaatkan untuk mengolah masakan berupa daging agar mudah dimasak dan cepat empuk. Tak hanya itu, bahkan tulang seperti ceker ayam pun dapat lunak layaknya daging jika dimasak dengan menggunakan panci presto. Selain mudah dalam mengolah daging atau ceker ayam, cita rasa masakan yang dihasilkan pun terasa lebih nikmat.


Sistem kerja panci presto adalah dengan mengandalkan bantuan uap air yang memiliki tekanan sangat tinggi dalam proses memasaknya. Tidak seperti panci biasa, uap pada panci presto ini berkumpul di dalam panci. Karena panci presto dilengkapi dengan tutup yang sangat rapat dan kuat. Hal ini tentu saja membuat suhu di dalam panci menjadi sangat panas. Inilah yang menjadikan memasak dengan panci presto lebih singkat, mudah, sehat, dan hemat energi.

Meskipun menjadi primadona sebagai peralatan memasak, namun masih banyak orang yang ragu dan takut untuk menggunakan panci presto. Hal ini karena adanya ketakutan dengan informasi-informasi yang menyatakan bahwa memasak dengan menggunakan panci presto rentan bahaya. Potensi bahaya tentu hanya akan muncul jika sobat tidak paham dengan cara kerja panci presto itu sendiri. Sebagai alat masak yang menghasilkan tekanan uap panas yang tinggi, pastinya panci presto tidak bisa digunakan sembarangan. Karena menggunakannya tanpa dasar pengetahuan yang cukup, hanya akan menimbulkan kerusakan bahkan menyebabkan kecelakaan pada diri kita. Untuk itulah sobat perlu paham betul cara menggunakan panci presto dengan baik dan aman.

Cara Aman Menggunakan Panci Presto


1.    Periksa Kondisi Panci Presto
Pastikan kondisi panci presto sobat dalam keadaan yang sangat bersih. Terutama pada bagian tepid dan tutup panci. Karena ada sedikit saja kotoran yang menempel, maka akan mempengaruhi kinerja panci presto. Kotoran tersebut akan membuat tutup panci tidak rapat, yang akan berakibat pada berkurangnya tekanan di dalam panci saat memasak. Selain itu periksa juga cincin karetnya. Pastikan cincin karet dalam keadaan bagus, tidak rapuh atau mengalami kerusakan. Ukuran cincin karet ini juga harus sesuai dengan tutup panci.

2.    Bumbui Daging
Sebaiknya sobat beri bumbu daging yang akan dimasak terlebi dahulu sebelum dimasukkan ke dalam panci presto. Hal ini agar bumbu lebih meresap ke dalam daging saat dimasak.

3. Masukkan Air dan Daging ke Dalam   Panci
Isi panci dengan air secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan yang terdapat di buku panduan. Kemudian masukkan daging yang akan dimasak. Ingat daging yang akan dimasak juga tidak boleh kebanyakan (membuat penuh panci). Isilah secukupnya agar tersedia ruang untuk tekanan uap saat proses memasak. Sehingga daging akan matang merata dan juga dapat menghindari kerusakan panci presto.


4.    Perhatikan Timer Memasak
Ketika tekanan uap telah mencapai titik tertingginya, maka panci akan mengeluarkan bunyi nyaring sebagai tandanya. Jika telah terdengar bunyi, segera kecilkan api. Ingat, jangan pernah meninggalkan dapur saat sobat memasak dengan panci presto. Karena jika waktunya terlewat sedikit saja, maka masakan sobat akan menjadi lembek seperti bubur.


5.    Jangan Langsung Buka Tutup Panci
Meskipun api telah dimatikan, tetapi tekanan uap di dalam panci masih tinggi. Tunggulah beberapa saat sampai semua uap terlepas. Membuka tutup panci juga tidak boleh dipaksakan. Apalagi dalam kondisi tekanan uap masih tinggi. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Demikianlah cara yang aman menggunakan panci presto. Cara tersebut adalah dasar yang bisa sobat terapkan saat menggunakan panci presto. Jangan lupa juga untuk selalu membaca buku petunjuk dan panduan menggunakan panci presto saat sobat membelinya, agar lebih aman dan mengantisipasi bahaya yang tidak diinginkan.

Posting Komentar

  1. Terima kasih banyak mbak atas pengetahuannya tentang panci presto. Ternyata saya banyak yang salah soal menggunakannya. Kalau misalnya pancinya nggak bunyi itu gara-gara apa ya mbak? Apa perlu dibersihkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panci presto memang harus steril dan bersih saat akan digunakan Mas. Dan salah satu ciri khas panci presto kalau masakan kita telah matang adalah bunyi nyaringnya. Jika misal tidak ada bunyi mungkin panci tidak bekerja maksimal karena adanya kotoran yang menempel di baguan tepi atau tutupnya.

      Hapus
  2. wkwkwk seru banget pake panci presto, dulu pas masih kerja di resto suka pada kabur kalao disuruh ngangkat panci presto takut meledak katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee...iya Bang Ian. Ibuku pun sampai sekarang enggan pakai panci presto karena takut meledaknya itu. Soalnya ibu temenku pernah mengalaminya

      Hapus
  3. Aku punya panci presto, tapi gak tahu caranya 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca buku panduan manualnya aja mbak. Kalau masih bingung coba tanya ke yang sudah pengalaman

      Hapus
  4. Baru tahu kalau bunyi bisa jadi penanda makanan sudah masak. Selama ini hanya berpatokan pada waktu saja. Terimakasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee...iya bunyi itu ciri khas panci presto yang menandakan daging telah matang.

      Hapus

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top