2

Resep Soto Ayam Khas Padang, Sumatra Barat– Siapa sih yang tidak kenal masakan Padang, Sumatra Barat? Ya, hidangan kuliner dari tanah Minang memang telah sangat populer dan melegenda. Bahkan kepopuleran cita rasa dan kelezatan masakannya telah dikenal hingga dunia. Salah satunya adalah rendang, yang dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia dalam daftar Worlds Fifty Most Delicious Food yang diselenggarakan oleh CNN international pada tahun 2011. masyaAllah, sebagai orang Minangkabau, tentunya aku bangga sekali dengan prestasi ini. Namun selain rendang, masih banyak sederet masakan khas Padang yang kepopulerannya tak diragukan lagi, seperti dendeng balado, sate padang, asam padeh, cincang, soto padang, dan masih banyak lagi. Nah salah satu kuliner khas Padang yang akan diulas kali ini adalah resep soto ayam padang

Soto padang umumnya menggunakan daging sapi atau daging ayam. Namun ulasan kali ini akan fokus ke bahan utama daging ayam. Soto padang ini juga merupakan salah satu deretan hidangan kuliner khas tanah Minang yang sangat nikmat. Meskipun tidak sepopuler rendang dan yang lainnya, tetapi cita rasa soto khas Padang ini diakui sebagai salah satu menu hidangan yang paling digemari dan diburu para penikmat kuliner khas Sumatra Barat. Hal ini karena cita rasa khas soto yang berbeda dari soto umumnya. Karena bumbu yang digunakan untuk mengolahnya juga sedikit berbeda. Soto padang bercita rasa rempah khas Minang, seperti cengkeh, pekak, kayu manis, dan bunga lawang. Sedangkan untuk proses membuatnya hampir sama dengan cara membuat soto lainnya. 

Seperti halnya resep soto nusantara, resep soto padang juga memadukan bumbu khas tradisional Indonesia lainnya, yang dipadukan dengan rempah khas Minang. Selain itu, jika soto biasanya menggunakan olahan daging yang direbus, namun untuk soto padang dagingnya diolah dengan cara digoreng. Sehingga rasanya terasa lebih renyah dan nikmat. Inilah yang juga membuat soto padang memiliki sensasi berbeda saat dinikmati. Nah, penasaran bagaimana cara mengolah dan menghasilkan soto khas Padang yang lezat? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Resep dan Cara Membuat Soto Ayam Padang

Bahan yang diperlukan:

750 gram daging ayam (lumuri perasan air jeruk nipis)
2 butir buah pekak atau 2 buah bunga lawang; satu untuk rebusan daging dan satunya dicampur bumbu lainnya. 
4 siung bawang putih (haluskan)
2 ruas jari lengkuas (memarkan)
3 lembar daun salam
1 batang serai (ambil bagian putihnya saja)
Daun jeruk purut secukupnya
Daun seledri dan daun bawang secukupnya (iris halus untuk taburan)
3 buah kapulaga
Cengkeh dan kayu manis secukupnya
Garam secukupnya
Air untuk merebus daging

Bahan Bumbu Halus:

4 siung bawang putih 
10 siung bawang merah
3 butir kemiri
2 ruas jari jahe
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya

Sambal Soto:

Cabe rawit secukupnya (sesuai selera). Kemudian rebus dengan kuah soto. Setelah itu haluskan dengan blender. 

Bahan Pelengkap:

Mie soun (seduh air panas sebentar)
Perekedel kentang
Bawang goreng
Telur rebus
Kerupuk merah atau jenis kerupuk lainnya sesuai selera
Kerupuk emping
Jeruk nipis
Kecap dan saus sambal

Cara Membuat Soto Ayam Padang:

Rebus daging ayam dengan bunga lawang atau pekak sampai empuk.
Sementara menunggu rebusan daging ayam, tumis bumbu halus hingga tercium aroma harumnya. Tambahkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk hingga bercampur rata. 
Tambahkan kapulaga, cengkeh, kayu manis, bunga lawang atau pekak. Aduk sebentar saja. 
Masukkan bumbu tumis ke dalam rebusan daging ayam. Aduk sebentar dan biarkan hingga mendidih. Tambahkan daun bawang, dan masak dengan api kecil sampai daun bawang terlihat layu. 
Angkat daging ayam, tiriskan dan goreng hingga matang. 
Jangan buang air rebusan. Karena akan digunakan sebagai kuah soto.

Photo by: thegorbalsla.com

Penyajian: Siapkan mangkuk. Kemudian masukkan bahan pelengkap dan irisan daging ayam ke dalamnya. Selanjutnya siram dengan kuah soto. Sajikan bersama sambal cabe rawit, kecap, dan saus. Selamat menikmati hidangan hasil resep soto ayam padang yang lezat bersama orang-orang tersayang sobat semua. 

Posting Komentar

  1. Baru tahu bunga lawang dan pekak buat rebus daging. Bumbu-bumbu soto padang lengkap ya mbak Rika. Rasanya pasti super yummy ^^

    BalasHapus
  2. kayaknya bikinnya gampang ya mbak

    BalasHapus

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top