0
Foto: Freepik editted by Canva


“Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqoroh: 183)

Tips Mengajak dan Melatih Si Kecil Berpuasa - Berpuasa pada bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang menjadi bagian dari pilar islam yang lima. Menjalankannya dengan penuh keikhlasan akan diganjar dengan pahala berlimpah dari Allah. Begitu pun jika meninggalkannya, maka akan mendapatkan dosa. Karenanya orangtua  yang merupakan sumber terbaik pertama bagi anak untuk mendapat pelajaran berharga tentang kehidupan, punya kewajiban untuk mengenalkan ibadah puasa sejak dini kepada anak-anak, agar mereka paham akan kewajibannya kepada Sang Khalik. Hal ini agar anak-anak terlatih untuk menjalankan ketaatan berupa ibadah puasa nantinya. Karena  jika bukan sekarang, bukan tidak mungkin anak akan sulit memulai ibadah puasa pertamanya saat memasuki usia remaja.

Keluarga sebagai pintu gerbang pertama bagi anak untuk belajar. Karenanya keluarga memiliki peranan yang sangat penting untuk menstimulus rasa cinta ibadah dan menanamkan aqidah tauhid. Lantas bagimana caranya untuk membiasakan anak melakukan ibadah puasa di usianya yang belum mukallaf? Dan bagiamana mengantisipasi kendurnya semangat si kecil saat sedang berpuasa ? Nah, di sinilah kita butuh tips dan trik agar anak tetap bersemangat menyelesaikan ibadah puasanya tanpa keluhan.

Tips Mengajak dan Melatih Si Kecil Semangat Berpuasa


1.    Beri Pemahaman Kewajiban Berpuasa
Sebelum mengajaknya melakukan ibadah puasa, ada baiknya orangtua memberikan pemahaman tentang perintah wajib berpuasa. Karena bukan tidak mungkin anak akan mengajukan pertanyaan, “Mengapa kita harus berpuasa?” Beri mereka pemahaman bahwa puasa adalah ibadah wajib kepada Sang Maha Pencipta selama bulan Ramadahan. Inilah cara untuk menunjukkan ketaatan terhadap perintah Allah.

Agar anak tidak salah paham dengan arti kata perintah, Bunda juga bisa memberikan analogi. Misalnya dengan bertanya padanya, bagaimana jika perintah kita tidak diikuti? Pastinya sedih dan kecewa, kan? Nah begitu juga dengan Allah, Dia akan sedih dan kecewa saat kita tidak patuh pada perintahnya. Tentunya kita tidak ingin membuat Allah sedih, kan? Jadi intinya sentuh bagian perasaan anak, agar anak mudah memahami kewajiban ibadah yang dijalankannya. Selain itu Bunda juga perlu membekali diri dengan pemahaman agama yang cukup agar mampu memberikan jawaban untuk setiap pertanyaan si kecil. Jangan malas meng-upgrade diri melalui berbagai sumber ilmu agama.

2.    Beri Contoh
Ingat anak adalah para peniru ulung. Jadi sebelum meminta anak berpuasa, tunjukkan padanya bahwa kita bukan hanya sekadar penyuruh. Tetapi juga pelaku atas apa yang kita ingin anak ikuti.

3.    Jangan Memaksa
Melatih anak-anak untuk puasa bukan berarti mewajibkan mereka berpuasa. Karena kondisi fisik anak tidak sama dengan orang dewasa. Jadi pertimbangkan juga dengan kondisi kesiapan anak.  Berilah kelonggaran jika memang anak tidak mampu menyelesaikannya hingga waktu maghrib. Misalnya metode puasa setengah hari. Semua butuh proses agar anak tumbuh menjadi pribadi lebih baik yang cinta Rabb-nya. Percayalah seiring waktu dan kebiasaanya berpuasa, anak nantinya akan mampu menjalankannya dengan lebih baik sesuai waktu yang telah ditetapkan.

4.    Beri Motiivasi
Menjalankan ibadah puasa bagi anak pasti mempunyai tantangan tersendiri. Ada kalanya anak mengeluh karena tidak dapat menahan rasa lapar dan hausnya. Nah, berilah motivasi agar anak tetap bersemangat berpuasa. Misalnya dengan menceritakan kisah teladan para Nabi, Rasul, dan sahabat yang rajin berpuasa serta keutamaan yang didapat atas puasanya. Selain itu bisa juga dengan memberi kalimat motivasi, “Allah sangat cinta dengan hamba-Nya yang berpuasa. Karena itu Allah akan membalas ibadah puasa kita dengan balasan surga. Jika kita bisa tetap puasa, tentu Allah akan semakin sayang dan nanti kita boleh tinggal di surga-Nya Allah.”

5.    Penuhi Nutrisi dan Gizi Si Kecil
Sediakanlah menu sahur dan berbuka yang mengandung banyak nutrisi baik. Bukan berarti harus makanan yang mahal atau sekadar enak saja. Tetapi makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi tubuh si kecil. Sehingga meskipun harus berpuasa, kesehatannya akan tetap terjaga.

6.    Berikan Amanah dan Kepercayaan
Bukan tidak mungkin si kecil khilaf menyentuh makanan atau minuman saat kita tidak melihatnya. Jadi ingatkan juga bahwa Allah punya kamera pengawas paling canggih yang dapat melihat setiap gerak-gerik kita. Karena Allah maha melihat dan mengetahui. Sampaikan padanya bahwa dengan tidak jujur, maka akan membuat Allah sedih dan bisa berdosa.

7.    Ajarkan dan Tingkatkan Amalan Sholih yang Lainnya
Selama Ramadhan, ibadah yang wajib kita lakukan bukan hanya puasa. Tetapi juga mendirikan sholat. Jangan sampai karena fokus melatih anak berpuasa, tapi mengabaikan kewajibannya untuk ibadah wajib seperti sholat. Tanamkan pada anak bahwa sebagai Muslim, kita wajib untuk mendirikan sholat. Selain itu ajarkan juga anak untuk melakukan ibadah sunnah selama Ramadhan, seperti tarawih dan membaca Al-Qur’an. Kelak anak akan mengerti apa yang harus dilakukannya selama Ramadhan.

8.    Berikan Reward
Di akhir Ramadhan, berilah apresiasi atas keberhasilan anak dalam menjalankan ibadah puasanya. Tidak melulu harus berupa hadiah atau janji memenuhi semua keinginannya. Bunda bisa memberi ucapan yang membuatnya bangga, misalnya “MasyaAllah anak Bunda hebat sudah bisa menyelesaikan puasanya dengan baik. Bunda bangga sekali sama kamu.” Tetapi jika Bunda ingin memberinya hadiah, juga tidak mengapa. Namun tekankan padanya bahwa ini adalah wujud rasa syukur dan bangga Bunda karena si kecil telah mampu berpuasa karena Allah. Karena hadiah yag paling istimewa itu akan datang dari Allah. Jangan sampai kelak anak berpuasa karena adanya hadiah yang akan didapatnya dari orangtua.

Demikianlah ulasan tentang 8 tips mengajak dan melatih si kecil berpuasa. Semoga tips yang dibahasa di atas bisa membantu Bunda dalam membentuk karakter buah hati yang cinta ibadah pada Rabb-nya.



Posting Komentar

Insto Dry Eyes, Si Mungil Penyelamat Keluhan Mata Kering

Sejak menekuni dunia blogging dan tergabung dalam sebuah jasa kepenulisan artikel sebagai content writer , membuatku tidak terlepas dar...

 
Top