0

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menemani Ibadah di Bulan Ramadhan - Di bulan Ramadhan banyak umat Muslim yang akan berlomba-lomba untuk memaksimalkan setiap amalan, demi meraih derajat terbaik di sisi Allah tabarokallah. Proyek-proyek akhirat pun mulai dirancang sedemikian rupa, mulai dari sholat, tilawah Al-Qur’an, Dzikir, I’tikaf, Sodaqoh,dan amalan-amalan sholih lainnya. MasyaAllah, inilah keagungan Ramadhan, yang di setiap detik dari penjuru dunia akan penuh dengan orang-orang yang sibuk bermunajat penuh khidmat kepada penguasa alam semesta. Semua tak ingin melewatkan waktu dengan kesia-siaan.

Bulan puasa jika dilewati tanpa banyak melakukan hal-hal yang positif adalah sebuah kerugian besar. Terlebih di era yang teknologinya sangat berkembang seperti saat ini, dimana segala aktivitas dan kebutuhan manusia telah semakin dipermudah dengan hadirnya teknologi digital. Dengan hanya mengandalkan smartphone, kita bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan ibadah kapanpun dan dimanapun. Karena ada banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk melengkapi momen Ramadhan. Berikut beberapa aplikasi smartphone yang dapat menunjang kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan

Aplikasi Penunjang Selama Bulan Ramadhan 

1.    Quran Best Indonesia
Aplikasi ini baru saja diluncurkan pada tanggal 8 Mei 2019. Aplikasi yang dibuat oleh sekelompok pengembang aplikasi asal Bandung ini, memiliki fitur lengkap yang bisa mendukung kegiatan beriteraksi dengan Al-Qur’an kapanpun dan dimanapun. Di dalamnya terdapat 7 jenis Al-Qur’an, yaitu Al-qu’an Indonesia, Tajwid Indonesia, Tajwid Madinah, Al-Qu’an per kata, Tajwid per kata, Al-Qur’an per ayat, dan Al-Qur’an Madinah.


Selain itu terdapat juga fitur waktu sholat dan arah kiblat. Tak hanya itu, ada juga fitur bookmark ayat-ayat Quran yang berhubungan dengan tema-tema populer yang dibutuhkan. Misalnya terkait rezeki dan riba. Dan aplikasi ini tengah dikembangkan agar pengguna bisa mendengarkan tilawah Qur’an dari Qori-Qori terbaik.

2.    Kajian Sunnah Indonesia
Aplikasi ini memberikan informasi masjid-masjid atau tempat yang sedang mengadakan kajian ilmu, lengkap dengan ustadz, tema kajian, dan waktu kajian. Dengan aplikasi ini akan semakin memudahan kita menuntut ilmu dien.


3.    Hadits Shahih Bukhori
Di dalam aplikasi ini ada 7000 lebih hadits Bukhori yang akan membantu kita semakin memahami nlai-nilai ajaran islam.


4.    Umma
Aplikasi ini sangat membantu dalam memperdalam ajaran Islam. Karena selain dilengkapi fitur waktu sholat, arah kiblat dan Al-qur’an, aplikasi ini juga menyediakan banyak artikel dan video ceramah para Ustadz. Bahkan di sini kita juga bisa berdiskusi atau Tanya jawab melalui fitur komunitas di aplikasi tersebut. Selain itu aplikasi ini juga menghadirkan konten spesial ramadhan seperti resep masakan dan bacaaan.


5.    Kisah 25 Nabi dan Rasul
Aplikasi ini tidak hanya berisi kisah para Nabi dan Rasul. Tetapi juga para sahabat. Nah, sambil menunggu waktu berbuka, sobat bisa manfaatkan aplikasi ini untuk lebih memahami kisah para Nabi, Rasul, Sahabat, dan Tabiin agar keimanan kita juga makin bertambah dengan membaca kisah teladan mereka.


6.    Hafalan Qur’an
Aplikasi ini akan membantu sobat menghapal Al-Qur’an dengan lebih menyenangkan. Karena selain berbentuk mode baca, aplikasi ini disajikan pula dalam mode permainan digital. Sobat juga bisa mengunduh fitur suara untuk mendengarkan pelafalan setiap surat.


Bulan Ramadhan begitu berharga dan sangat sayang jika kita melewatinya tanpa ada peningkatan kulaitas ibadah dan pemahaman ajaran Islam. Terbatasnya waktu karena urusan pekerjaan atau kesibukan lainnya  bukanlah penghalang untuk bisa lebih maksimal dalam mengisi Ramadhan dengan hal-hal postif. Manfaatkanlah teknologi digital yang kita miliki untuk semakin meningkatkan pemahaman dan kulaitas ibadah kita.


Note: Foto tampilan aplikasi merupakan hasil tangkap layar aplikasi yang terunduh di ponsel penulis. 


Posting Komentar

Zakat Sebagai Instrumen Potensial Membangun dan Memajukan Bangsa

Dok. Pribadi Zakat Sebagai Instrumen Potensial Membangun dan Memajukan Bangsa – Sebagai seorang Muslim, tentu kita semua sudah sangat ...

 
Top