5


Resep Kue Nastar Karakter Buah – Puasa Ramadhan telah memasuki hari ketiga. Dan saat Ramadhan mulai mendekati garis finish-nya, biasanya kita akan juga mulai disibukkan dengan persiapan membuat kue lebaran. Nah di hari raya idul fitri ada jenis-jenis kue yang tak pernah absen menemani momen hari raya lebaran yang penuh suka cita, yaitu kue nastar. Ya, kue nastar memang erat sekali hubungannya dengan momen idul fitri. Hampir setiap rumah menyediakan kue nastar sebagai jamuan para tamu di hari raya. 

Kue nastar yang terbuat dari campuran adonan kulit yang rasanya renyah dan lembut, dengan isian khas berupa selai nanas ini memang sangat istimewa. Karena rasanya sangat enak dan tidak membosankan. Terutama bila dinikmati bersama orang-orang tersayang di momen spesial hari raya idul fitri. Kehadiran kue nastar seolah menjadi pelengkap kebahagiaan di hari itu. Tak heran jika banyak orang yang jatuh cinta dengan kue lembut ini. Kue nastar sendiri umumnya berbentuk bulat atau lonjong dengan isian selai nanas. Dan biasanya untuk yang berbentuk bulat, ada tambahan batang cengkeh sebagai pemanis. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya ide dan kreativitas manusia, kue nastar pun kini juga tak melulu berbentuk bulat atau lonjong saja. Tetapi kue nastar telah banyak dikreasikan dalam berbagai bentuk lucu, unik, dan pastinya semakin menggoda untuk dinikmati. Berbagai kreasi kue nastar diantaranya adalah berbentuk katakter hewan, boneka, dan aneka buah-buahan. Tak hanya itu bahkan kini kue nastar mulai dikreasikan dengan isian jenis selai lainnya seperti strawberry atau blueberry. 

Berbagai bentuk karakter kue nastar yang ada saat ini memang terlihat sangat cantik. Namun dalam proses pembuatannya, ternyata dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ketika membuatnya. Karena ada beberapa tahapan pembuatan yang membutuhkan kesabaran lebih, seperti saat memberi bintik pada nastar berbentuk stawberry, atau saat memberikan warna sesuai dengan bentuk buah atau karakter aslinya. Sehingga kue nastar yang dihasilkan terlihat indah dan sempurna. Apakah ini artinya membuat kue nastar karakter sulit? Tenang saja sobat jejak, pembuatan kue enak ini tak sesulit mendaki gunung kok🙂. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasan proses pembuatan kue nastar di bawah ini. 

Resep Kue Nastar Karakter Buah

Sebelum memulai untuk membuat kue nastar, ada baiknya sobat semua menyiapkan segala bahan yang diperlukan untuk membuat kue nastar terlebih dahulu. Sehingga saat membuatnya tidak lagi bingung bahan apa yang kurang atau belum ada. Nah, berikut bahan yang harus disiapkan untuk membuat kue nastar karakter buah. 

Bahan-Bahan yang Diperlukan :

700 gram Tepung Terigu kualitas baik
250 gram Margarin
4 butir Kuning telur 
100 gram Gula halus 
250 gram Mentega
4 sdm Susu bubuk fullcream 

Bahan yang Diperlukan Untuk Selai Nanas :

4/5 buah Nanas Bagus
250 gram Gula pasir
1,5 sdt Garam 1 

Cara Membuat Kue Nastar  :

Pembuatan Selai Nanas : Kupas dan bersihkan nanas. Kemudian parut buah nanas. Setelah semua nanas selesai diparut, masak sampai kering. Jangan lupa tambahkan garam saat memasaknya. Jika adonan selai dirasa telah matang sempurna, angkat dan dinginkan sebentar. Kemudian buat selai menjadi bulatan kecil dan simpan di dalam kulkas. 

Pembuatan Nastar Buah : Kocok margarin, gula, mentega dan telur, sampai tercampur rata. Setelah itu masukkan terigu beserta susu bubuk. Aduk secara pelan-pelan hingga semua adonan bercampur rata. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai keinginan jumlah karakter atau buah yang ingin dibentuk. Lalu beri pewarna makanan secukupnya sesuai jenis buahnya. Misalnya jeruk diberi pewarna kuning genteng dan strawberry diberi pewarna merah. Dan untuk buah, jangan lupa siapkan adonan berwarna hijau untuk daunnya. Masing-masing adonan tersebut diaduk hingga semua tercampur merata

Letakkan adonan (ambil sedikit demi sedikit) di dalam cetakan yang sudah dialasi dengan plastik kecil. Kemudian  tekan hingga terbentuk lubang. Masukkan selai nanas dan  tutup kembali dengan adonan sambil sedikit ditekan untuk meratakan. Jika sobat tidak mau menggunakan cetakan, sobat jejak juga bisa membentuknya sendiri sesuai selera. Kemudian letakkan di atas loyang. Untuk daunnya, ambil sedikit adonan, bulatkan dan kemudian pipihkan, lalu bentuk seperti daun sesuai buah yang akan dibentuk. Jika jeruk maka daunnya berbentuk lonjong. Dan untuk strawberry daunnya dibuat seperti bintang.

Source: resepkue.com

Membuat Kue Nastar Strawberry: Bentuk adonan nastar agak lonjong seperti buah strawberry umumnya. Tambahkan adonan daun yang telah dibentuk sebelumnya. Dan jangan lupa tusuk-tusuk badan strawberry dengan tusuk gigi atau lidi. Atau sobat juga bisa menempelkan biji wijen untuk menambah manis penampilan nastar strawberry ini.


Membuat Kue Nastar Jeruk: Tambahkan daun pada nastar yang telah dibentuk. Sobat jejak bisa membentuk pori-pori nastar jeruk dengan lidi tipis.

Source: resepkue.com

Apabila semua bentuk telah selesai dibuat, maka saatnya untuk memasukkan ke dalam oven. Masak kue nastar di dalam oven dengan suhu yang rendah saja, yaitu suhu 140 derajat Celcius. Masak kue nastar selama kurang lebih 45 menit.

Demikianlah resep kue nastar karakter buah. Semoga ulasan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi sobat jejak semua saat ingin membuat kue nastar yang unik di hari raya yang fitri nanti. Selamat mencoba. 

Posting Komentar

  1. Balasan
    1. Sama mbak. Ini juga salah satu favorit keluargaku

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya lucu dan unik. Kadang sayang mau dimakan :)

      Hapus
  3. Bentuknya lucu. Salah satu kue kering favoritku tuh mbak Rika ^^

    BalasHapus

Tubuh Lebih Sehat Bersama Yoforia Fresh Yogurt Drink

Badan yang sehat adalah sebuah kesejahteraan bagi tubuh dan jiwa. Kesehatan adalah hal yang paling diidamkan setiap orang. Namun masi...

 
Top