0

Gatal-gatal di kulit kepala adalah hal yang sangat mengganggu kenyamanan pastinya. Terlebih jika gatal menyerang di saat-saat situasi penting, misalnya sedang tampil di muka umum atau menghadapi suatu ujian. Hal ini tentunya akan menyebabkan kita kehilangan konsentrasi dan juga tidak dapat maksimal dalam setiap aktivitas yang sedang dilakukan. Salah satu pengganggu yang kerap bersemayam di area kulit kepala adalah ketombe.

Ketombe merupakan bagian dari kulit kepala yang telah mati dan kemudian mengering, hingga akhirnya mengelupas dalam bentuk butiran halus berwarna putih. Keberadaan ketombe ini tentu sangat mengganggu. Karena tidak hanya menyebabkan rasa gatal saja, tetapi bagi sebagian orang, ketombe adalah masalah yang membuat mereka tidak bisa tampil lebih percaya diri. Terlebih bagi yang gemar memakai pakaian berwarna gelap, seperti hitam. Karena serpihan putih itu biasanya akan berguguran di area baju, dan tentunya sang ketombe akan terlihat lebih jelas saat berjatuhan di area berwarna gelap.

Sebab Munculnya Ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

1. Jamur Malassezia

Jamur ini merupakan salah satu penyebab yang paling mendominasi kehadiran ketombe di kulit kepala. Jamur yang berbentuk mirip dengan ragi ini bisa tumbuh subur di kulit kepala yang kelebihan minyak, yang artinya area kepala sedang dalam keadaan tidak sehat. Hal ini menyebabkan pertahanan alami di kepala tidak dapat bekerja maksimal. Sehingga jamur di kulit kepala bisa dengan mudah tumbuh subur dan berkembang biak.

2. Malas Keramas

Keramas merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kepala agar tidak kering dan bebas pengaruh jamur di kulit kepala. Namun perlu diperhatikan intensitas keramasnya. Berlebihan atau terlalu sering keramas juga tidak baik. Karena hal ini akan mengganggu kerja rambut untuk memproduksi minyak alami. Setidaknya keramas 2/3 kali dalam seminggu.

3. Penggunaan Produk yang Tidak Cocok

Ada banyak produk perawatan rambut yang beredar di pasaran. Namun tentunya tidak semua produk cocok dengan jenis rambut setiap orang. Pemakaian produk yang tidak cocok inilah yang kerap menimbulkan masalah di kulit kepala, salah satunya ketombe.

Nah, bagaimana solusi terbaik jika di kulit kepala sudah dipenuhi oleh ketombe menyebalkan? Don't worry, take it easy. Berikut ada beberapa tips terpercaya yang bisa diandalkan untuk mengatasi ketombe sobat semua.

Tips Menghilangkan Ketombe

1. Minum Air Putih yang Cukup

Memenuhi kebutuhan asupan air bagi tubuh berguna untuk membuat tubuh lebih sehat dan kulit tidak kering, termasuk area kepala. Nah cobalah untuk paling tidak minum delapan gelas air setiap harinya. Hal ini agar kulit kepala tidak kering. Karena kulit kepala yang kering akan mengakibatkan pengelupasan kulit kepala, gatal-gatal serta yang berakibat pada timbulnya ketombe.

2. Jaga Kelembaban Rambut

Rambut memiliki kemampuan untuk menghasilkan minyak alami, yang membuatnya berkilau dan lembab. Namun jika kandungan ini berlebihan, maka akan menimbulkan berbagai keluhan seperti halnya ketombe. Biasanya penggunaan berbagai macam produk penataan rambut dapat menyebabkan kelebihan minyak di rambut. Dan saat keramas, pastikan bahwa rambut telah terbilas sempurna agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur nantinya.

3. Kurangi Kebiasaan Menata Rambut

Menata rambut dengan berbagai model, serta penggunaan alat-alat terkait dengannya seperti pengering rambut, pengeriting rambut, pelurus rambut, dan cat rambut, dapat menyebabkan kekeringan dan kerusakan pada rambut. Hal ini juga akhirnya dapat memicu munculnya ketombe. Jadi minimalkan kebiasaan penataan dan penggunaan alat-alat tersebut untuk menjaga keseimbangan kelembaban rambut.

4. Keramas!

Selain membuat tubuh menjadi lebih segar dan pikiran lebih fresh, mencuci rambut juga akan membantu rambut membuang residu serta membuatnya tampak lebih sehat. Sehingga area kepala akan terhindar dari berbagai gangguan seperti gatal-gatal, lepek, dan tentunya ketombe. Keramaslah setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. Pakai Shampo dan Perawatan Rambut yang Cocok

Saat masalah ketombe muncul, biasanya kita akan langsung memilih menggunakan shampo anti ketombe. Namun tidak semua shampo anti ketombe cocok untuk setiap orang. Jadi perhatikan kandungan yang sesuai dengan jenis rambut serta pas dengan keluhan rambut. Pilihlah yang bisa membuat ketombe enggan balik lagi. Selain itu, bisa juga dengan tambahan menggunakan conditioner, moisturizer, atau vitamin rambut tiap habis keramas. Tetap pilih yang cocok ya, sobat.

6. Gunakan Produk Perawatan Alami

Produk-produk alami memang terkenal efektif mengatasi berbagai keluhan. Termasuk untuk memerangi si ketombe yang suka menyiksa di kulit kepala. Nah, sobat juga bisa lho memanfaatkan bahan alami di sekitar atau yang ada di dapur untuk mengatasi ketombe. Beberapa bahan alami yang sangat efektif mengatasi keluhan ketombe adalah lidah buaya, jeruk nipis, teh hijau, minyak kelapa, minyak zaitun, dan baking soda. Caranya pun sangat mudah, tinggal di oleskan saja di kulit kepala, diamkan sesaat, dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan rutin hingga sang pengganggu tidak balik lagi.

7. Konsultasi ke Dokter

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Atau bahkan keluhan ketombe makin menjadi, maka segeralah temui dokter ahli untuk membantu sobat menghilangkan ketombe. Carilah dokter spesialis kulit dan konsultasikan keluhan sobat.

Demikianlah tips mujarab menghilangkan ketombe yang mengganggu di kulit kepala. Semoga ulasan ini bisa membantu sobat semuayang sedang mengalami masalah ketombe. 

Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top