0

Jerawat adalah kondisi dimana bagian kulit, umumnya bagian wajah, yang mengalami peradangan berupa benjolan kecil berisi kantung nanah. Keadaan ini terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Jerawat ini merupakan salah satu masalah keluhan wajah yang paling sering dialami kebanyakan orang. Serangannya bisa mengenai baik pria maupun wanita, terutama di saat mereka telah memasuki usia remaja (pubertas). Cara menghilangkan jerawat pun akhirnya jadi trending pencarian di mesin pencarian google.

Penyebab Munculnya Jerawat

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit wajah. Berikut beberapa faktor yang paling berpotensi membuat wajah berjerawat.

1. Terjadinya perubahan hormon
2. Masuk masa pubertas
3. Malas membersihkan wajah
4. Sisa make up tidak segera dibersihkan
5. Kehamilan
6. Menstruasi
7. Efek obat-obatan tertentu, misal pil KB
8. Stres
9. Debu dan polusi
10. Kosmetik yang tidak cocok
11. Gaya hidup tidak sehat

Penderita jerawat termasuk jumlah yang cukup besar. Tak heran banyak produk perawatan khusus kulit berjerawat yang ditawarkan. Namun tidak semua produk di pasaran cocok dengan kulit wajah. Bahkan tak jarang ada yang menimbulkan masalah keluhan kulit lain. Jadi memang harus teliti dan pastikan dulu sebelum membeli. Kan sayang jika sudah beli, tapi tidak bisa menuntaskan masalah jerawat yang sedang diderita.

Namun bagi sobat yang ingin alternatif lain dan minim resiko, ada rangkaian perawatan jerawat yang dijamin aman, mudah, murah, serta cukup cepat mengatasi masalah jerawat, yaitu bahan-bahan alami di sekitar kita. Yuk, simak ulasannya berikut.

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Madu Murni

Madu merupakan bahan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan madu disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai obat untuk berbagai penyakit, "...Dari perut lebah keluar minuman (madu) yang di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia..." (QS. An-Nahl:68)

2. Masker Alami Buah-Buahan

Buah merupakan makanan baik yang kaya akan kandungan vitamin dan gizi bermanfaat bagi tubuh. Selain itu buah juga dapat membantu masalah keluhan kulit seperti jerawat. Beberapa buah yang bisa menangani jerawat diantaranya: Mentimun, , tomat, pepaya, dan alpukat. Caranya cukup dihaluskan dan jadikan masker. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Kandungan polifenol dalam lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat. Oleskan jel lidah buaya secara merata. Diamkan kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air. Jika sobat sulit mendapatkan lidah buaya langsung, sobat juga bisa memakai produk lidah buaya yang telah banyak di pasarkan. Tapi hati-hati, karena minat yang tinggi pada produk ini sangat rentan akan barang palsu.

4. Putih Telur dan Lemon

Perpaduan antara putih telur dan perasan air jeruk lemon, sangat ampuh mengatasi jerawat. Caranya oleskan campuran tersebut selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas dengan air.

5. Cuka Apel

Di dalam cuka apel terdapat kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri. Termasuk untuk urusan jerawat. Sobat cukup oleskan cuka apel secukupnya di area yang berjerawat selama kurang lebih 5 menit. Lalu bilas dengan air.

6. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk yang biasanya dibuang bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah jerawat, lho. Terutama untuk jerawat batu. Caranya keringkan kulit jeruk dibawah matahari. Setelah kering, tumbuk halus dan tambahkan sedikit air. Oleskan sebagai masker pada wajah. Diamkan kurang lebih 20 menit. Dan bilas dengan air.

7. Bawang Putih

Ternyata bawang putih juga mampu mengatasi masalah jerawat. Karena bawang putih mengandung sulfur yang bisa mengobati jerawat. Cukup potong-potong satu siung bawang putih dan tempelkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

8. Pasta Gigi

Kandungan triclosan, hidrogen, dan fluorin dalam pasta gigi merupakan zat yang dapat mengatasi masalah iritasi kulit. Dan pasta gigi ternyata bagus untuk mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat yang muncul di wajah. Sobat cukup oleskan pasta gigi selama 15 menit di area yang berjerawat. Setelah itu bilas dengan air.

9. Es Batu

Cara ini yang paling praktis untuk mengatasi jerawat. Terutama mengatasi peradangannya. Karena es batu memberikan efek dingin pada wajah. Sehingga bisa dengan lebih cepat mengempiskan jerawat yang mengganggu. Sobat hanya perlu mengompres wajah di area jerawat dengan es batu yang dibungkus handuk atau kain bersih. Lakukan beberapa kali.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat dengan cepat, mudah, dan murah. Jika dilakukan dengan rutin, maka insyaAllah jerawat yang mengganggu itu akan teratasi dengan sempurna dalam waktu yang cepat.  Dan perlu diperhatikan juga untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin olahraga, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan berpikir positif. Selamat mencoba. 







Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top