0

Nasi goreng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang terbuat dari bahan utama berupa nasi (nasi pera), yang diolah dengan perpaduan berbagai bumbu khas Indonesia. Hidangan yang kerap dijadikan menu sarapan atau sekadar alternatif lain untuk mengenyangkan lambung, dikala bosan dengan hidangan nasi biasa ini memang sudah sangat populer di tanah air. Bahkan kelezatan unik nasi goreng telah memikat para wisatawan penikmat kuliner dari mancanegara. 

Hampir setiap daerah di Indonesia menyediakan menu nasi goreng dalam daftar kulinernya. Sehingga sangat mudah sekali untuk menemukan nasi goreng kemanapun kaki melangkah di bumi pertiwi. Biasanya masing-masing daerah memiliki olahan nasi goreng dengan ciri khasnya sendiri. Misalnya ada nasi goreng medan, nasi goreng jawa, nasi goreng betawi, dll. Olahan nasi goreng pun semakin berkembang yang divariasikan dengan isian menu lainnya, misalnya seperti seafood atau perpaduan bumbu non lokal lainnya.

Salah satu sajian nasi goreng yang banyak digemari pecinta kuliner adalah nasi goreng khas Minang, Padang, Sumatra Barat. Tidak bisa dipungkiri bahwa segala hal yang berkaitan dengan masakan olahan Minang adalah sajian yang sangat lezat dan tak mudah ditolak lidah. 

Pada dasarnya penampilan nasi goreng Minang ini tidak jauh berbeda dengan tampilan nasi goreng pada umumnya. Tetapi ada ciri khas yang membuat nasi goreng Minang terasa sangat istimewa. Terlebih cita rasa rempah yang kuat pada nasi goreng ini juga menjadikannya sedikit berbeda dan pastinya istimewa di deretan daftar kuliner lezat tanah air. 

Umumnya nasi goreng bertekstur sedikit basah dan berminyak. Tapi nasi goreng Minang ini cenderung bertekstur sedikit kering dan tidak terlalu berminyak. Dan untuk pelengkap yang dipakai biasanya hanya menggunakan suwiran ayam goreng dengan taburan daun seledri serta kerupuk merah. Selain itu, untuk menetralisir aroma rempah yang kuat pada nasi goreng, biasanya sajiannya dilengkapi juga dengan irisan mentimun, kol, dan tomat merah segar. Penasaran dan ingin merasakan sensasi nasi goreng Minang yang lezat namun simple ini? Simak ulasan berikut.

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Khas Minang

Bahan yang Diperlukan:

Nasi putih secukupnya
Telur mata sapi atau Irisan telur dadar
3 buah cabe merah (giling halus)
2 siung bawang putih (iris tipis)
3 buah bawang merah (iris tipis)
1 batang daun  seledri dan daun bawang
Suwiran ayam goreng
Kecap
Garam
Merica bubuk
2 sdm blue band untuk menumis

Pelengkap:
Bawang goreng
Mentimun
Kerupuk merah
Tomat segar
Atau tambahan lain sesuai selera

Cara Membuat Nasi Goreng Minang:

1. Tumis cabai, bawang putih, dan bawang merah hingga tercium aroma harum. Kemudian masukkan nasi, suwiran ayam, daun bawang, dan daun seledri. Aduk hingga semua tercampur rata.

2. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap secukupnya. Aduk kembali hingga semua tercampur rata. Tes rasa. Jika rasanya sudah pas. Angkat dan sajikan hangat dengan telur mata sapi atau irisan telur dadar. 

Demikianlah resep dan cara membuat nasi goreng khas Minang. Sangat mudah sekali, bukan? Selamat mencoba dan menikmati. 



Posting Komentar

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top