0

Era digital semakin memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Kehadiran berbagai macam teknologi merupakan media yang telah banyak mengubah cara berpikir dan beraktivitas kebanyakan individu generasi modern. Jika dulu seseorang butuh waktu beberapa hari untuk mengetahui kondisi dan kabar teman atau kerabat yang berjarak jauh, kini seseorang bisa dengan cepat dan mudah untuk saling tahu keadaan masing-masing hanya dalam hitungan detik, yakni melalu perangkat teknologi berupa telepon seluler. 

Kehadiran telepon seluler yang kini banyak didominasi oleh jenis smartphone, semakin menambah kemudahan manusia dalam segala hal. Tak heran jika perangkat teknologi yang satu ini kini statusnya telah meningkat menjadi kebutuhan primer. Melalui smartphone, seseorang tidak hanya bisa berkomunikasi yang dibatasi jarak ribuan kilometer, tetapi smartphone juga telah membuka banyak peluang baik dalam berbagai kelancaran urusan bisnis. 

Saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan smartphone sebagai media memasarkan produk mereka. Perusahaan-perusahaan e-commerce pun semakin membanjiri bisnis perdagangan online, yang makin memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhannya tanpa ribet dan wasting time. Berbagai upaya dan trik bisnis pun dilakukan untuk menarik para pelanggan. Salah satunya tentu dengan mengadakan promo atau diskon menggiurkan. Siapa sih yang tidak berbinar saat mengetahui atau mendengar kata promo atau pun diskon? Terlebih jika yang sedang didiskon adalah barang-barang yang telah lama menjadi impian.


Harga promo dan diskon memang menggiurkan. Karena kita bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih miring. Tetapi ada hal yang patut diperhatikan sebelum jari tangan meng-klik item barang yang sedang dibandrol harga diskon. Hal ini agar sobat tidak terjebak dalam perangkap belanja yang tidak terkendali hanya karena godaan diskon. Nah, agar sobat jejak lebih bijak saat menghadapi gempuran promo belanja online, berikut beberapa tips bijak menyikapi promo belanja online yang bisa diterapkan.

Tips Bijak Menghadapi Promo Belanja Online

1. Buat Daftar Belanja

Belanja memang aktivitas yang menyenangkan. Tidak hanya itu, bahkan bagi sebagian orang, belanja bisa menjadi alternatif dari kepenatan dan terapi jiwa. Tetapi jangan sampai kegiatan belanja itu justru berbuah penyesalan di akhirnya. Mengapa? Karena sobat kerap khilaf saat berbelanja. Terlebih saat berhadapan dengan yang namanya harga promo dan duskon besar. Misalnya saat momen Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), yang jatuh pada tanggal 11 November. Di momen ini biasanya banyak online shops yang menawarkan promo menggiurkan. Bahkan ada yang berani menekan harga jual serendah-rendahnya untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

Nah agar sobat tidak kalap saat berbelanja, perlu untuk membuat daftar barang yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum masuk ke dunia belanja online. Dengan daftar ini setidaknya akan mengerem diri untuk tidak membeli barang yang tidak terdaftar di daftar yang telah dibuat.

2. Berani Mengatakan "No"

Tidak bisa dipungkiri bahwa kadang kita suka kebablasan saat belanja online, meski telah membuat daftar belanja sebelumnya. Mengapa? Ya, karena manusia itu tidak terlepas dari yang namanya nafsu. Sehingga bukan tidak mungkin saat sobat menjelajah di market place, akan terbius dengan berbagai penawaran yang ada. Nah, untuk itu sangat perlu menguatkan diri dan berani mengatakan "Big No" untuk barang yang tidak masuk dalam daftar belanja.


3. Buat Anggaran Khusus

Siapkan anggaran khusus yang akan digunakan untuk kebutuhan berbelanja. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan jumlah pemasukan dan pengeluaran lainnya. Dengan anggaran khusus ini setidaknya bisa membatasi pengeluaran yamg akan digunakan untuk berbelanja. Sehingga jika sobat tetap ingin membeli barang promo, namun anggaran tidak mencukupi, maka setidaknya keinginan itu bisa diantisipasi. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang, ya sobat jejak.

4.Filter Antara Kebutuhan dan Keinginan

Seberapapun jumlah uang yang dimiliki tidak akan pernah cukup jika sobat membelanjakannya hanya untuk memenuhi keinginan. Jadi bijaklah memilah dan memilih mana barang yang memang sangat dibutuhkan dan mana barang yang hanya dibeli karena rasa ingin memiliki. Karena barang yang dibutuhkan otomatis akan bermanfaat. Namun barang yang diinginkan, biasanya kebanyakan tidak dimanfaatkan maksimal.


5. Buat Perbandingan Harga

Saat Harbolnas atau momen tertentu, akan nanyak online shop yang menawarkan harga termurah. Nah agar sobat benar-benar mendapatkan harga paling murah dari yang termurah, jangan malas untuk mengecek harga di online shop lainnya juga. Terapi tetap berhati-hati dan teliti sebelum memutuskan membeli. Jangan sampai termurah tapi kualitas terburuk.

6. Cari Online Shop Terpercaya

Kecenderungan masyarakat yang lebih suka belanja online saat ini juga banyak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Berita dan kasus penipuan online shop pun telah banyak terjadi. Agar sobat jejak tidak terjebak dengan online shop yang fiktif dan hanya ingin meraup untung, pastikan sobat berbelanja di online shop terpercaya. Sobat bisa mengecek jumlah pengikut dan komentar positif para pelanggannya. Biasanya juga online shop terpercaya memiliki tanda star seller atau trusted seller pada barangnya. 

7. Pahami Kualitas Barang

Berbelanja online tentunya tidak memungkinkan kita untuk melihat langsung barang yang ingin dibeli. Kita hanya bisa melihat foto dan deskripsi yang tertera di setiap foto. Dan tak jarang banyak konsumen yang kecewa karena ternyata kualitas barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Agar sobat tidak menyesal saat membeli barang online, sebaiknya pahami betul deskripsi setiap barang. Atau sobat juga bisa melihat testimoni respon pelanggan yang telah membeli barang yang sama. 

8. Ongkos Kirim 

Harga yang ditawarkan online shop mungkin memang sangat murah. Tetapi yang namanya belanja online tidak hanya tentang harga barang. Sobat harus juga membayar untuk pengiriman barang tersebut, yang dikenal dengan ongkos kirim. Nah sebelum berbelanja, pertimbangkanlah jumlah ongkos kirimnya. Jangan sampai ongkos kirim justru memberatkan pengeluaran sobat. Carilah online shop yang memberikan subsidi ongkos kirim atau bahkam gratis pengiriman. 

Demikianlah 8 tips bijak menyikapi promo belanja online. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan sobat semua saat berhadapan dengan berbagai penawaran di online shop

Posting Komentar

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menemani Ibadah di Bulan Ramadhan

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menemani Ibadah di Bulan Ramadhan -  Di bulan Ramadhan banyak umat Muslim yang akan berlomba-lomba untuk mema...

 
Top