0
Source: ummetro.ac.id

UM Metro Kampus Pilihan Terbaik Bagi Masa Depan – Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan generasi yang berakhlak, cerdas, dan kreatif dalam menjalani setiap perannya. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi setiap individu dalam menyongsong masa depan yang gemilang, baik untuk dirinya sendiri maupun tanah air tercinta. Untuk itulah pendidikan harus diperjuangkan. Karena dengan pendidikan, sebuah keadilan, kesejahteraan, dan kesetaraan dapat terealisasi dengan baik. Dan ini merupakan modal bagi kita untuk menjadi bangsa yang berdaulat, tidak tertinggal, dan maju. Karenanya sebuah pendidikan yang baik adalah aset penting dalam kesejahteraan dan kemajuan.

Jenjang pendidikan umumnya dimulai sejak usia dini sekitar umur 5 tahun. Dan tingkat pendidikan teringgi yang diimpikan banyak orang adalah bisa mencapai bangku kuliah. Sayangnya tidak semua orang bisa mencicipi untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi di bangku kuliah. Salah satu faktornya tentu saja berkaitan erat dengan masalah ekonomi. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk bisa sampai ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah) dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentunya hal ini menjadi kendala bagi mereka yang minim dana. namun apakah ini artinya mereka yang terkendala masalah ekonomi harus rela mengubur dalam-dalam mimpinya untuk meraih pendidikan tinggi?

“Banyak jalan menuju Roma”. Sebait kalimat bijak ini harusnya menjadi api semangat bahwa masalah ekonomi bukanlah penghalang untuk maju. Pasti ada jalan lainnya untuk bisa sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalnya dengan memanfaatkan program beasiswa yang telah banyak ditawarkan oleh banyak kampus dan perguruan tinggi di Indonesia. Jadi cari tahu informasi terkait hal ini. Terutama beasiswa yang ditawarkan kampus yang ada di daerah tempat kita tinggal.

Source: ummetro.ac.id

Salah satu kampus di Indonesia, yaitu yang berada di Provinsi Lampung, UMMerto Lampung, adalah kampus yang sangat peduli akan pendidikan anak bangsa. Kepedulian ini pun diwujudkan dengan menyediakan program beasiswa bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Kampus ini. Nah, sobat jejak yang memang terkendala biaya untuk kuliah, dapat memanfaatkan program beasiswa yang ada di UM Metro ini. Tetapi mengapa harus di kampus ini? Bukannya UM Metro adalah kampus swasta? Mengapa tidak memilih kampus negeri saja? Pastinya masih banyak kampus lainnya di Lampung yang menyediakan beasiswa. Nah, agar sobat jejak semua tidak bingung dan makin yakin untuk menjatuhkan pilihan melanjutkan kuliah di UM Metro, yuk simak ulasan lengkap tentang UM Metro dan segala keunggulannya berikut.

Sejarah Singkat UM Metro

Logo utama UM Metro
Source: ummetro.ac.id

UM Metro merupakan amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan tinggi. Pendidikan di sini dijiwai dengan nilai-nilai agama Islam dan Kemuhammadiyahan dalam tataran ideologis, filosofis, serta dalam praktis aplikatifnya. Hal ini juga merupakan jembatan bagi terwujudnya gerakan dakwah dan tajdid yang melintasi zaman.

Source: ummetro.ac.id

Kampus yang berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro, Lampung ini telah berdiri sejak tahun 1967. Universitas ini merupakan gabungan dari 4 sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, yaitu STKIP Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik Muhammadiyah Metro, dan Sekolah Tinggi Ushuluddin Muhammadiyah Metro. Kemudian keempat sekolah tinggi itupun menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Agama Islam.

Selama beberapa tahun terakhir UM Metro telah meningkatkan jenjang strata progrmanya, yaitu membuka Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Biologi pada tahun 2012, membuka Program Studi S2 manajemen pada tahun 2013, membuka Program Studi S2 Pendidikan Manajemen pada tahun 2014, dan membuka tiga Prodi (S1 Manajemen pendidikan Islam, S1 Ilmu Komputer, dan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini) pada tahun 2017. Di tahun 2017 pula UM Metro membuka fakultas baru, yaitu Fakultas Ilmu Komputer yang menaungi 2 Prodi, Ilmu Komputer dan D3 Manajemen Informatika yang selanjutnya berganti nama menjadi D3 Sistem Informasi.

Sedangkan di tahun 2019 ini, UM Metro telah mendapat izin untuk membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG), yang melibatkan dua prodi, yaitu Prodi Pendidikan ekonomi dan Prodi Pendidikan Sejarah.

Pada tahun 2017 lalu UM Metro berhasil masuk ke dalam 100 Universitas Terbaik versi Webometrics dan 4ICU untuk kategori perguruan tinggi negeri dan swasta. Selain itu, UM Metro juga menduduki peringkat terbaik kedua versi Webometrics dan 4ICU dalam kategori perguruan tinggi swasta di wilayah kopertis 3. Nah, tak salah jika menyebut UM Metro Kampus Terbaik yang patut diperhitungkan.

Mengapa Harus memilih Kuliah di UM Metro?

1.    Lokasi Kampus Strategis

UM Metro memiliki 4 gedung kampus, yang satu sama lainnya tidak berjarak teralu jauh dan juga berada di wilayah yang cukup strategis. Selain itu keempat kampus UM Metro berada sangat dekat dengan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit, mall, kafe, bandara, stasiun, terminal, tempat ibadah, kost, dan lainnya. Berikut alamat lengkap masing-masing kampus UM Metro
         Kampus Um Metro 1: Jl. Ki Hajar Dewantara No 116, Iringmlyo,Metro Timur
         Kampus UM Metro 2: Jl. Ki Hajar Dewantara No 38 Banjar Rejo, Lamtim
         Kampus UM Metro 3: Jl. Gatot Subroto No 100, Metro Timur
         Kampus UM Metro 4: Jl. Proklamasi, Ganjar Agung, Metro Barat

2.    Tersedia Program Beasiswa

Beasiswa UM Metro Terdiri Dari:

a.    Beasiswa Potongan 50% Uang Pengembangan
Beasiswa ini ditujukan untuk pendaftar yang memilih lima program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, D3 Akuntansi dan D3 Keuangan dan Perbankan.
b.  Beasiswa Kader Utusan Persyarikatan se-Kota Metro
Beasiswa yang satu ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), yaitu dengan memberi keringanan biaya berupa potongan SPP untuk setiap semesternya. Beasiswa ini bisa dimanfaatkan saat mahasiswa masuk pada semester 3 (tiga)- semester 8 (delapan). Syaratnya adalah mahasiswa tersebut minimal hafal 10 juz Al-Qur'an dan menyertakan surat permohonan beasiswa dati salah satu cabang Muhammadiyah Metro.
c.  Beasiswa Potongan 50% Biaya Kuliah Program Pascasarjana
Beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi masyarakat yang bekerja di amal usaha Muhammadiyah Lampung, yang berniat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 UM Metro.

d. Beasiswa BIDIKMISI
Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi bisa didapatkan setelah calon pendaftar dinyatakan resmi menjadi mahasiswa baru UM Metro. Proses pendaftaran dapat melalui Ketua Program Studi yang bersangkutan atau melalui Kabag Kemahasiswaan di Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan yang berada di gedung Rektorat kampus I UM Metro. Untuk informasi pendaftaran dan persyaratan dapat diakses melalui bidikmisi.dikti.go.id.C. Beasiswa PPA


Beasiswa ini sama seperti BBM tetapi untuk PPA diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik baik dan sangat baik dibuktikan dengan IPK terakhir. Pendaftarannya sama seperti beasiswa BBM untuk melakukan pendaftaran anda dapat cek di situs resmi kampus anda, biasanya beasiswa ini diberikan kepada jenjang pendidikan S1 dan ada juga S2. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi Staf WR III UM Metro.

3. Banyak Pilihan Fakultas dan Program Studi Terakreditasi

Daftar Fakutas dan Program Studi UM Metro

No
Program Studi
Jenjang
Fakultas
Akreditasi
1
Akutansi
D3
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
B
2
Prbankan dan Keuangan
D3
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
B
3
Sistem Informasi
D3
Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM)
B
4
Pendidikan Agama Islam
S1
Fakultas Agama Islam (FAI)
B
5
Komunikasi dan Penyiaran Islam
S1
Fakultas Agama Islam (FAI)
B
6
Manajemen Pendidikan Islam
S1
Fakultas Agama Islam (FAI)
Terakreditasi
7
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
S1
Fakultas Agama Islam (FAI)
Terakreditasi
8
Bimbingan Konseling
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
A
9
Pendidikan Ekonomi
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
B
10
Pendidikan Sejarah
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
A
11
Pendidikan Matematika
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
B
12
Pendidikan Biologi
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
B
13
Pendidikan Fisika
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
B
14
Pendidikan Bahasa Inggris
S1
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
B
15
Manajemen
S1
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
B
16
Akutansi
S1
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
B
17
Teknik Sipil
S1
Fakultas Teknik (FT)
B
18
Teknik Mesin
S1
Fakultas Teknik (FT)
B
19
Hukum
S1
Fakultas Hukum (FH)
B
20
Ilmu Komputer
S1
Fakultas Ilmu Komputer (FIK)
Terakreditasi
21
Magister Pendidikan Biologi
S2
Program Pascasarjana
B
22
Magister Manajemen
S2
Program Pasca Sarjana
B
23
Magister Administrasi Pendidikan
S2
Program Pascasarjana
B
Sumber: penmaru.ummetro.ac.id

Semua prodi di UM Metro telah mendapat akreditasi yang baik. Simak slide penghargaan terkait akreditasi UM Metro berikut ini

Source: ummetro.ac.id


4.    Fasilitas yang Dimiliki UM Metro

UM Metro telah dilengkapi fasilitas yang memadai dan lengkap demi menunjang kenyamanan dan kelancaran dalam proses menempuh pendidikan di kampus yang memiliki slogan “Solusi Sukses Masa Depan". Berikut fasilitas yang tersedia di UM Metro:

·      Ruang Kuliah Resprentatif
·      Perpustakaan
·      Laboratorium Biologi dan Fisika
Laboratorium Teknik Mesin dan Workshop
·      Laboratorium Komputer
·      Laboratorium Akuntansi
·      Laboratorium Manajemen
·      Laboratorium Mikro Teaching
·      Laboratorium Bahasa
·      Laboratorium Multimedia
·      Laboratorium Sejarah
·      Laboratorium Produkdi dan Media dan Home Production Dakwah
·      Laboratorium Hukum (Praktik Peradilan Semu, Kemahiran Hukum: Copy Morning, Student Day, BKKBH, SJIDH)
·     Unit Kegiatan Mahasiswa (Menwa, KSR-PMI, Tapak Suci, Pramuka, Mapala, Theater, Musik, dll)
·      Area parkir yang luas
·      Lapangan Olahraga
·      Magang kerja di perusahaan bank di Metro dan perusahaan jepang
·      Internet dan fasilitas Hot Spot free
·      Area Wall Climbing (Standar Kompetensi Nasional)

5.    Tenaga Pengajar (Dosen) Berkualitas dan Terbaik)

UM Metro memiliki dosen-dosen dengan kulaitas terbaik dan sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Hampir semua dosen pengajar di UM Metro berasal dari universitas dan perguruan tinggi terbaik. Jadi memang sudah tidak diragukan lagi akan kompetensinya dalam mengajar dan memberikan ilmu. Bahkan baru-baru ini seorang dosen UM Metro, Agil Lepiyanto, S.Pd., M.Pd., berhasil mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik III pada pelatihan calon asesor yang diadakan oleh BAN-S/M Provinsi Lampung, di Bandar Lampung, pada 30 April-4 Mei 2019.

Dosen UM Metro
meraih penghargaan
Source: ummetro.ac.id

Selain keunggulan yang telah disebutkan di atas, UM Metro juga telah banyak mencetak mahasiswa berprestasi dalam berbagai ajang yang diselenggrakan tingkat Provinsi Maupun Nasional. Jadi tidak salah jika menobatkan UM Metro  sebagai salah satu Kampus yang terbaik di tanah air.

Note: Beberapa informasi dan foto diambil dari situs resmi UM Metro www.ummetro.ac.id dan media sosial UM Metro dengan penyesuain


Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top