16


Assalamu’alaikum sobat jejak semua.

Hijrah Kaffah Bersama #AyoHijrah Dari Bank Muamalat Indonesia – Saat ini kata hijrah sudah sangat populer di masyarakat. Jika dulu hijrah selalu dikaitkan dengan momen perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya, namun kini hijrah bermakna lebih luas. Secara umum hijrah adalah meninggalkan semua hal yang tidak Allah sukai menuju kepada hal-hal yang disukai dan diridhoi Allah ta’ala. Wah…ridho Allah? Siapa sih yang tidak ingin dalam hidupnya senantiasa mendapat ridho Allah. Karena jika ridho Sang Maha Pengasih dan Penyayang telah didapat, maka hidup ini akan sangat berkah dan bahagia.

Alhamdulillah, Allah menyentuh hatiku dengan hidayah-Nya. Akupun memutuskan untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pelan-pelan aku mulai mengubah penampilan, seperti cara berpakaian. Aku mulai berhijab dan perlahan seiring proses hijrah, aku pun mulai memanjangkan hijabku. Hal ini juga sebagaimana yang Allah perintahkan dalam firman-Nya, “Wahai Nabi! Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang Mukmin. Hendaknya mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun, maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)


Dok. Bank Muamalat

Namun kisah hijrah ini ternyata tidak mudah. Ada saja hal yang menggangu, mulai dari rintangan, godaan, hingga konflik dengan beberapa orang yang menganggap hijrahku berbau aliran tertentu. Bahkan saat itu seorang kerabat dekat menyebarkan fitnah yang hampir membuatku putus asa. Sedih. Pasti. Tetapi bukan hijrah namanya jika tanpa ujian. Karena aku sedang berada di jalannya Allah, yaitu jalan surga, dimana untuk meraihnya diperlukan perjuangan yang tak mudah.

Sejak itu aku terus berusaha istiqomah di jalan hijrah. Aku mulai mengubah kebiasaan hidup dan tentunya dengan terus menggali ilmu agama, agar tidak salah langkah dalam menjalani hijrah ini. Dari berbagai majelis ilmu yang kuikuti, aku mendapat banyak pencerahan dan pemahaman tentang bagaimana seharusnya menjadi pribadi muslimah yang lebih baik sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Sunnatullah. Aku pun mulai menerapkan syari’at-syari’at agama dalam menjalani kehidupan. Salah satunya dalam hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Dan Alhamdulillah di Indonesia sudah ada Bank berbasis syariah murni, yaitu Bank Muamalat. Setelah mempelajari program dan cara kerjanya, aku pun langsung jatuh hati untuk mempercayakan pengelolaan keuanganku bersama Bank Muamalat Indonesia.



Mengapa hijrah harus sampai merambah masalah finansialku? Karena hijrah itu tidak hanya melulu tentang perbaikan ibadah saja. Tetapi hijrah adalah perbaikan keseluruhan kita, termasuk cara pengelolaan keuangan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem perbankan identik dengan yang namanya bunga. Dan bunga sangat erat kaitannya dengan riba, dan riba itu “ngeRIBAnget” dampaknya buat hidup dunia dan akhirat. Inilah makna hijrah kaffah (keseluruhan), yaitu mengubah semua kebiasaan dan cara hidup dengan hal yang lebih baik. Dengan mengucap bismillah, kumantapkan hati untuk mengatakan #AyoHijrah untuk berani lebih baik bersama Bank Muamalat Indonesia.

Alasan Hijrah ke Bank Muamalat

1.    Bank Muamalat merupakan bank pertama di Indonesia yang mengusung konsep murni syariah, sejak berdiri tahun 1992.
2.    Bank Muamalat sangat terjaga kemurnian syariahnya. Karena bank ini tidak menginduk dari bank lainnya.
3.     Pengelolaan dananya didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah.
4.    Bank Muamalat telah memiliki produk serta layanan yang lengkap, dan ditunjang dengan fasilitas lengkap seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat, dan jaringan ATM serta kantor cabang hingga ke luar negeri. Jadi aku tidak perlu khawatir saat traveling kemanapun bahkan sampai negeri orang sekalipun.

Selain hal tersebut di atas, Bank Muamalat juga telah banyak meraih penghargaan atas prestasinya. Dan yang terbaru Bank Muamalat berhasil meraih penghargaan sebgai juara 1 “Satisfaction, Loyalty, dan Engagememnt (SLE) Index 2019. Ini adalah penghargaan tentang kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan Infobank. Tak hanya itu, di tahun ini juga kartu Shar-E Debit Muamalat mendapat skor tertinggi dan Bank Muamalat pun dinobatkan sebagai “Digital brand of The Year 2019.” Simak video singkat beberapa penghargaan yang diterima Bank Muamalat Indonesia.



Dan aku semakin senang karena di Bank Muamalat sekarang ada program Ayo Hijrah. Barokallah Bank Muamalat. Jadi mempercayakan pengelolaan keuangan di Bank Muamalat akan membuatku tidak hanya tenang sebagai nasabah yang sedang hijrah kaffah. Tetapi juga mendapat banyak berkah dan kemudahan dalam hijrah.

Apa Sih #AyoHijrah Itu?

Ayo Hijrah merupakan kampanye dari PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang telah dilangsungkan sejak tanggal 8 Oktober 2018. Sesuai artinya hijrah, yang bermakna “lebih baik”, program ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama berhijrah dan selalu berusaha meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal, yang sesuai dengan syari’at agama Islam.

Dok. Bank Muamalat

Hijrah secara kaffah itu berarti memperbaiki diri ke arah yang lebih baik dalam hal apapun, tidak hanya menyangkut hubungan dengan Allah saja. Tetapi juga hal-hal yang berkaitan dengan cara kita menjalankan hidup agar hidup lebih bahagia, baik, dan berkah tentunya. Karena Islam adalah bukan sekadar agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tetapi islam juga merupakan jalan hidup (way of life). Dan melalui program #AyoHijrah, Bank Muamalat juga mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan, dengan memanfaatkan layanan perbankan syariah untuk hidup lebih baik dan berkah. Berikut informasi lengkap tentang kampanye Ayo Hijrah Bank Muamalat.

Latar Belakang #AyoHijrah

Bank Muamalat merupakan bank pertama di Indonesia yang berbasis murni syariah. Dan sebagai bank murni syariah, Bank Muamalat berusaha memperluas fungsi dan manfaatnya, dari yang hanya sebatas penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat agar bisa senantiasa terus-menerus (istiqomah) meningkatkan diri ke arah ajaran Islam yang tidak hanya lebih baik, tetapi juga sempurna dan menyeluruh (kaffah). Ini artinya Bank Muamalat mengajak umat tidak hanya berhijrah dalam hal ibadah, tetapi juga dalam hal mengelola keuangannya agar berkah.

Tujuan Gerakan #AyoHijrah

Gerakan Ayo Hijrah bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup kita sebagai individu  dalam menjalani kehidupan. Namun hal ini tidak terbatas hanya sebagai indvidu saja, tetapi juga dalam organisasi, agar dapat semakin kaffah dalam menerapkan dan menjalankan syari’at Islam. Terutama hal yang berkaitan dengan layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diraih dan diwujudkan Bank Muamalat adalah menyetarakan petumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi masyarakat Indonesia yang berpenduduk mayoritas Muslim. Selain itu, Bank Muamalat juga bercita-cita untuk menjadi pusat Ekosistem Ekonomi Syariah serta turut membangun industri halal di tanah air dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Bentuk Gerakan #AyoHijrah 

Gerakan Ayo Hijrah dikemas dalam bentuk kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus istiqomah meningkatkan diri dalam setiap hal, terutama mulai berpindah menggunakan jasa pelayanan bank berbasis syariah murni, agar hidup lebih tenang dan berkah. Bererapa diantara kegiatan kampanye Ayo Hijrah adalah sebagai berikut:

1.    Seminar dan edukasi tentang perbankan syariah
2.    Open booth di pusat kegiatan masyarakat
3.    Kajian Islami dengan narasumber ulama
4.    Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah

Apa Itu Bank Muamalat Indonesia? 

Bank Muamalat Indonesia merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia MUI), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), dan para pengusaha Muslim, yang kemudian mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia. Bank Muamalat mulai resmi beroprerasi pada tanggal 1 Mei 1992. Sejak beroprerasi, Bank Muamalat terus melakukan terobosan dalam menghadirkan produk dan layanan syariah seperti Asuransi Syariah, Dana Pensiun Keuangan Muamalat, dan Multifinance Syariah. Selain itu pada tahun 2004 Bank Muamalat meluncurkan tabungan instan pertama di Indonesia bernama Shar-E yang diluncurkan pada tahun 2004.


Dok. Bank Muamalat Indonesia

Produk Shar-E Gold Debit Visa yang diluncurkan tahun 2011 mendapat penghargaan MURI sebagai kartu debit syariah dengan teknologi chip pertama di di Indonesia dan layanan e-channel seperti, internet banking, mobile banking, ATM, dan cash management. Semua produk Bank Muamalat itu merupakan pioner produk syariah di Indonesia.


Dok. Bank Muamalat Indonesia

Kapasitas Bank Muamalat semakin diakui dan kini Bank Muamalat telah melebarkan sayapnya dengan terus membuka jaringan kantor cabang di tanah air. Bahkan di tahun 2009 bank Muamalat mendapat izin membuka kantor cabang di Malaysia, serta menjadi bank pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia. Sampai saat ini Bank Muamalat terus melakukan terobosan dan pencapaian. Tak heran telah banyak prestasi dan penghargaan diraih Bank Muamalat hingga saat ini. Dan dengan strategi bisnisnya yang terarah, Bank Muamalat Indonesia akan terus melaju mewujudkan visinya menjadi “The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence”.


Dok. Bank Muamalat
Edited by canva

Sejak launching kampanye #AyoHijrah, produk Bank Muamalat juga mengalami perubahan nama. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan yang lebih berkah kepada nasabah Muamalat. Berikut nama baru produk Muamalat.

1.      Tabungan iB Hijrah, tabungan nyaman dalam kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu Shar-E debit berlogo Visa plus dengan manfaat berbagai jenis program subsidi belanja di merchant lokal dan luar negeri.  Dengan produk ini Anda bisa menikmati layanan realtime transfer, isi ulang prabayar, bayar tagihan beli tiket  hingga pembayaran zakat.
2.  Tabungan iB Hijrah Haji, solusi menikmati kenyamanan beribadah haji yang lengkap dan berkah. Mengapa harus di Muamalat? Karena Bank Muamalat pengelolaan dananya murni syariah. Selain itu Bank Muamalat merupakan salah satu bank penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang terdaftar di SISKOHAT Kementerian Agama RI.
3.    Tabungan iB Hijrah Rencana,  solusi untuk perencanaan keuangan di masa depan yang lebih tepat, yang tentunya sesuai dengan prinsip syari’at Islam.
4.    Tabungan iB Hijrah Prima, tabungan untuk kebutuhan transaksi bisnis sekaligus investasi, yang dilengkapi fasilitas Shar-E Debit Gold. Selain itu jenis tabungan ini juga dilengkapi nisbah bagi hasil dan bebas biaya.
5. Tabungan iB Hijrah Berhadiah, simpanan berjangka dengan benefit hadiah sesuai pilihan nasabah.  
6.      Deposito iB Hijrah, deposito syariah dalam mata uang Rupiah dan Dolar yang fleksibel dengan hasil investasi yang optimal.
7.  Giro iB Hijrah, produk berbasis akad wadiah yang akan memudahkan dan memberikan kenyamanan transaksi, khususnya dalam transaksi bisnis Nasabah Non-peorangan dengan didukung fasilitas Cash Management.
8.    Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super ringan dan Fix (masih dalam proses pengajuan kepada Regulator / OJK).

Pengalaman Selama Menjadi Nasabah Bank Muamalat Indonesia

Aku merasa nyaman selama menjadi nasabah Bank Muamalat. Selain terfasilitasi menjadi diri lebih baik dalam hijrah kaffah, aku juga lebih bisa menjalani hidup dengan tenang. Karena dengan mempercayakan pengelolaan keuangan di Bank Muamalat, maka akan menghindarkanku dari hal-hal yang mungkin saja akan membuat hidup tidak berkah. Dan aku pun semakin nyaman setiap kali melakukan transaksi dengan Bank Muamalat. Gerai ATM telah banyak tersedia di kotaku dan layanan e-Banking yang semakin memudahkanku bertransaksi dimanapun. Tidak hanya itu para karyawan Bank Muamalat juga sangat ramah dan sabar melayani setiap Nasabahnya.  Bahkan kenyamanan ini telah terasa saat mulai melangkahkan kaki masuk ke gedung Bank Muamalat. Sapaan salam khas umat Islam yang ramah dan senyum pak Satpam saat memasuki gedung adalah salah satunnya. Wah…keluar masuk saja didoakan yang baik, pastinya hasilnya juga baik. Terima kasih Bank Muamalat. Semoga selalu terdepan dalam menghadirkan produk syariah dan kenyamanan Nasabah bertransaksi. Yuk, hijrah kaffah. Semoga Allah mudahkan setiap niat baik kita.


Buat sobat jejak yang tertarik dengan program #AyoHijrah Bank Muamalat, atau yang ingin tahu lebih detail tentang Bank Muamalat Indonesia, bisa langsung kunjungi alamat sosial media dan web resminya. Berikut aku sertakan alamatnya agar sobat mudah mengaksesnya.

Facebook         : BankMuamalatIndonesia
Twitter                        : BankMuamalat
Instagram        : Bank.Muamalat
Web                 : www.bankmuamalat.co.id
Youtube          : Bank Muamalat


Beberapa foto dan informasi diambil dari web resmi Bank Muamalat Indonesia dan akun media sosial instagram Bank Muamalat, dan diedit dengan aplikasi canva serta viva video. 


 

 

 





Posting Komentar

  1. Semangat hijrahnya mba, semoga tetap kuat di jalan Allah. Good

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Rabb. Hijrah memang butuh tekad kuat dan kesungguhan. Semoga kita semua mampu hijrah dengan total.

      Hapus
  2. Dulu saya pernah beli perdana Shar-E dari bank Muamalat, sempat menikmati kenyamanannya juga sih. Sayang kartu itu sekarang tidak tahu di mana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah...sayang sekali Pak. Tapi bisa diurus setahu saya ke Bank Muamalatnya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Iyaa mba.. pengen banget pindah bank syariah. Tapi tuntutan pekerjaan belum bisa duh ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat kerjanya transfer pakai bank konvensional kah? InsyaAllah dipermudah jika kita punya niat baik mbak. Sesuatu yang baik sebaiknya jangan ditunda.

      Hapus
  5. Iya mb..hijrah emang perjalanan yg panjang. Proses yg berliku. Semangat mb rika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak Yoha. Yang penting semangat lillah aja. InsyaAllah seberat apapun jalannya akan terasa nikmat dan mudah

      Hapus
  6. hijrah itu tidak mudah, namun memang harus dilakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Yang penting niat lillahi ta'ala. Dan kesungguhan untuk mengubah semua kebiasaan. Salah satunya beralih dan memakmurkan bank syariah seperti Bank Muamalat.

      Hapus
  7. Makna hijrah ada tiga, sebagaimana yang diutarakan oleg syeikh shafiyurrahman al-mubarakfuri dalam ar-rakhiqul makhtum (sirah nabawiyah). Yang pertama hijrah tempat, lalu hijrah perbuatan (amal), nah yang ketiga aku lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah, saya tunggu Mas Zen ingat poin hijrah ketiganya.

      Hapus
  8. Definisi hijrah , tobat bukan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hijrah itu bermakna lebih baik kak. Yang artinya bisa juga bertaubat dari kebiasaan-kebiasaan tidak baik. Intinya perbaikan diri dari sisi hubungan dengan Allah dan segala hal dalam kehidupan 🙂

      Hapus

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top